Sukses

Cuaca Besok Senin 5 Juni 2023: Jabodetabek Pagi Cerah Berawan, Siang Hujan

Pagi hari Jakarta di awal pekan besok, Senin 5 Juni 2023, hampir seluruhnya diprediksi cerah berawan, kecuali Kepulauan Seribu berawan. Itulah prakiraan cuaca besok, Senin 5 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pagi hari Jakarta di awal pekan besok, Senin 5 Juni 2023, hampir seluruhnya diprediksi cerah berawan, kecuali Kepulauan Seribu berawan. Itulah prakiraan cuaca besok, Senin 5 Juni 2023.

Berbeda pada siangnya, cuaca hujan dengan intensitas ringan diprediksi guyur Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, sisanya seluruh wilayah Ibu Kota cerah berawan.

Begitulah keseluruhan informasi cuaca besok sesuai dengan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Malam harinya, hujan berintensitas ringan diprakirakan turun di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, sisanya berawan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jaksel dan Jaktim pada malam hari," papar BMKG.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat, paginya diprediksi cerah berawan, siang waspada hujan dengan intensitas sedang, dan malam hari hujan ringan.

"Waspada hujan yg dapat disertai angin kencang dengan skala lokal dan durasi singkat pada waktu siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Subang," terang BMKG.

Berbeda di Kota Tangerang, Banten, paginya diprakirakan cerah berawan, lalu siang hingga malam berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rahasia Ampuh! Bikin Rumahmu Jadi Dingin saat di Cuaca Panas

Akhir-akhir ini cuaca panas melanda seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali Jakarta.

Secara ilmiah, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa cuaca panas tersebut merupakan fenomena akibat adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun.

Belum lagi, di pertengahan tahun, tepatnya Bulan Agustus, Indonesia akan dilanda El Nino atau musim kemarau panjang. Hal itu pasti akan membuat cuaca semakin panas dan membuat aktivitas masyarakat menjadi tidak nyaman.

 Saat cuaca panas terjadi, mengetahui bagaimana menyejukkan ruangan menjadi kunci agar aktivitas yang dilakukan semakin nyaman. So, bagaimana saja caranya? Ikuti tips di bawah ini:

1. Perhatikan Tata Letak Ventilasi

Ventilasi merupakan hal yang penting untuk mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan agar berjalan dengan lancar. Salah satu langkahnya adalah memperhatikan letak jendela sebagai ventilasi alami secara tepat.

Anda bisa membuka jendela setiap hari pada pagi, siang, hingga sore agar sirkulasi udara menjadi lancar, ruangan tidak terasa pengap dan lembap.

3 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

2. Gunakan Lampu Hemat Energi

Selain dapat menghemat listrik, lampu hemat energi juga dapat membuat ruangan menjadi sejuk. Pasalnya, semua peralatan elektronik dapat memancarkan panas, termasuk bola lampu. Namun, dengan menggunakan lampu hemat energi atau LED, pancaran panas tersebut tidak seperti lampu konvensional lainnya.

3. Tutup Jendela dan Gorden saat Siang Hari

Dilansir dari realhomes, dengan menutup jendela dan gorden saat siang hari dapat menghalangi sinar matahari masuk. Pasalnya, jika jendela terkena banyak sinar matahari secara langsung, menggunakan tirai gelap akan membantu mencegah sinar matahari yang terlalu panas ke kamar Anda.

4. Gunakan AC yang Bisa Dinginkan Ruangan Lebih Cepat

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan air conditioner (AC) yang mampu mendinginkan ruangan lebih cepat, salah satunya AC Deluxe 2 dari Polytron yang sudah dilengkapi dengan Better Cooling Performance yang mampu menghasilkan pendinginan yang lebih optimal dan ramah lingkungan.

AC Deluxe 2 ini juga mampu mengatur suhu AC sesuai dengan suhu tubuh pengguna dengan sensor pembaca suhu jarak jauh, dimana sistem kendali elektronik mampu mendeteksi suhu ruangan disekitar pengguna. Sehingga, suhu ruangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan memberikan kenyamanan yang lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.