Sukses

PDIP Soroti Sikap Tak Tegas NasDem di Pemerintahan: Keluar Kabinet atau Tegur Anies Baswedan

Kepala Badiklatda PDI Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak, mendorong Partai NasDem mengambil sikap tegas sebagai partai politik (Parpol) yang berada dalam pemerintahan atas kritik bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan kepada elit.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badiklatda PDI Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak, mendorong Partai NasDem mengambil sikap tegas sebagai partai politik (Parpol) yang berada dalam pemerintahan atas kritik bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan kepada elit.

Dia, bahkan menyinggung perbedaan sikap NasDem, saat dengan sigap memecat Zulfan Lindan yang menyebut Anies Baswedan sebagai antitesis Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Padahal, kata Gilbert kala itu Zulfan Lindan dikenal telah membersamai NasDem dari awal parpol tersebut berdiri.

"Pada saat Zulfan Lindan mengatakan Anies Baswedan sebagai antitesis Jokowi, NasDem mengambil sikap memecat yang bersangkutan walau pun sebagai salah satu deklarator berdirinya NasDem sebagai partai. Pernyataan NasDem adalah tetap mendukung dan mengawal pemerintahan saat ini hingga berakhir di 2024," kata Gilbert dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (1/6/2023).

Gilbert menyoroti sikap NasDem saat Anies mengkritik pemerintah soal data pembangunan jalan. Menurut dia, NasDem hanya diam dan bahkan tidak menunjukkan sikap mendukung pemerintahan.

"Anehnya saat Anies dan timnya mengkritik pemerintahan saat ini soal panjang jalan, padahal datanya salah baca dan tidak minta maaf, NasDem diam saja dan tidak mengeluarkan pernyataan mendukung pemerintahan saat ini," ucap Gilbert.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Sikap Inkonsisten

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP ini menilai, Anies bahkan mempunyai perbedaan cara pandang dengan NasDem terkait berbagai isu dalam pemerintahan. Padahal, ujarnya Nasdem ada dalam kabinet saat ini dan ikut membangun apa yang ada. 

Gilbert menyebut sikap inkonsisten NasDem sangat tidak etis. Dia, lantas meminta Nasdem dapat menunjukkan sikap politik yang jelas.

"Lebih baik keluar dari kabinet, atau menegur Anies sebagai bukti masih mendukung/mengawal pemerintahan saat ini. Anies sendiri bukanlah kader NasDem. Berada di kabinet tetapi sikapnya NasDem terlihat oposisi tidaklah dewasa secara politik," kata dia.

Lebih lanjut, Gilbert mendorong NasDem bersikap dewasa. Sebagai oposisi, kata dia NasDem harusnya juga dapat menjaga keseimbangan dan menjadi pengoreksi yang baik terhadap jalannya pemerintahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini