Sukses

PDI Perjuangan: Ada Dukungan Nyata Masyarakat ke Ganjar Pranowo

PDI Perjuangan menilai antusiasme masyarakat menyambut Ganjar karena ada harapan agar Gubernur Jawa Tengah itu melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan meyakini masyarakat menginginkan Ganjar Pranowo memimpin Indonesia. Dukungan nyata sangat terasa saat Ganjar Pranowo kunjungan ke daerah-daerah.

Selain itu, dalam beberapa hasil survei elektabilitas Ganjar unggul dari calon lain.

"Ini adalah suatu fenomena menguatnya dukungan rakyat. Pak Ahmad Basarah (Ketua Koordinator Nasional Relawan Ganjar) beberapa kali mendampingi Pak Ganjar Pranowo, baik di Jawa Timur, Jawa Barat, kemudian di Banten. Di sana itu antusiasme dari rakyat untuk mendukung Pak Ganjar Pranowo ternyata sangat kuat," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Hasto mengatakan sambutan masyarakat kepada Ganjar di berbabagai daerah sangat luar biasa. PDI Perjuangan menilai antusiasme masyarakat menyambut Ganjar karena ada harapan agar Gubernur Jawa Tengah itu melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Kehadiran Pak Ganjar Pranowo tidak hanya menggetarkan, tapi jadi magnet di dalam kepemimpinan politik ke depan yang akan melanjutkan Presiden Jokowi," ujar Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Tinggi dari Bakal Capres Lain

Terkait hasil survei, Hasto menyebut elektabilitas Ganjar langsung meroket ketika diumumkan sebagai calon presiden oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Menurut Hasto, kandidat lain tidak mengalami efek yang sama setelah diumumkan sebagai capres.

"Hanya 32 hari setelah diumumkan, survei elektoral Pak Ganjar Pranowo meroket. Dari hasil survei Saiful Mujani Reasearch Consulting (SMRC) misalnya, itu juga menunjukkan bagaimana elektoral Pak Ganjar Pranowo sudah lebih tinggi dari calon yang lain yang sudah dideklarasikan embilan bulan dan tujuh bulan sebelumnya," ujarnya.

Hasil survei Saiful Munjani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas tiga tokoh yang digadang-gadang bakal menjadi calon presiden (capres) di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 23-24 Mei, elektabilitas Ganjar Pranowo berada di urutan pertama dengan 35,9%. Tingkat elektoral Gubernur Jawa Tengah itu meningkat 4,8% dalam kurun waktu lima bulan terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.