Sukses

Erick Thohir Dinilai Pemimpin Panutan Milenial Indonesia

Erick Thohir berpotensi menyedot dukungan dari generasi milenial yang mayoritas adalah pecinta sepak bola pada Pilpres 2024. Ditambah lagi jumlah milenial di Indonesia juga lebih 50 persen total penduduk.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN, Erick Thohir dinilai Budayawan Indonesia Made Putrawan sebagai pemimpin panutan generasi milenial Indonesia. Apalagi, ia baru saja berhasil meraih medal emas bersama Timnas Sepak Bola U-22 Indonesia di ajang SEA Games Kamboja 2023.

“Prestasinya Erick Thohir mencuat ketika Indonesia menjadi pemenang di SEA Games. Inilah yang sangat dielu-elukan oleh para milenial,” terang Made dikutip Minggu (28/5/2023).

Raihan prestasi ini menjadi salah satu faktor penunjang Erick Thohir kemudian dilihat oleh Made sebagai faktor penunjang peningkatan elektabilitas di bursa Pilpres 2024 mendatang. Mengingat Eks Presiden Inter Milan ini menjadi salah satu sosok pemimpin yang masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) masyarakat.

Karenanya Erick Thohir berpotensi menyedot dukungan dari generasi milenial yang mayoritas adalah pecinta sepak bola pada Pilpres 2024. Ditambah lagi jumlah milenial di Indonesia juga lebih 50 persen total penduduk.

“Pada hari ini jumlah milenial melebihi 60 persen, hal ini lah yang membuat Erick Thohir berpeluang menjadi cawapres yang sangat dibutuhkan,” ujar Made.

Di tambah lagi, Erick Thohir merupakan pemimpin yang sukses dalam memimpin Kementerian BUMN sebagai Menteri BUMN. Tak hanya Ketum PSSI, Erick Thohir juga mengemban amanah sebagai Menteri BUMN.

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir, Kementerian BUMN bertransformasi jadi lebih baik dengan laba yang terus meningkat setiap tahunnya dan jumlah dividen terbesar sepanjang sejarah. Made mnegatakan hal tersebut belum pernah dilakukan oleh pemimpin – pemimpin Kementerian BUMN sebelumnya.

Dengan keberhasilan di PSSI dan Kementerian BUMN, Erick Thohir telah membuktikan diri sebagai pemimpin yang berkompeten untuk Indonesia.

“Seperti diketahui, Pak Erick Thohir prestasinya luar biasa di BUMN dan PSSI, karena itu dia berpotensi untuk menjadi cawapres,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Cawapres Paling Kuat Didukung Masyarakat

Pengamat Politik dari UIN Jakarta Zaki Mubarak mengatakan, menuju Pilpres 2024 Erick Thohir menjadi sosok yang terus menguat di masyarakat. Tingginya popularitas Erick Thohir bahkan ungguli Sandiaga Uno.

“Erick Thohir relatif punya dukungan kuat di masyarakat dibanding Sandiaga Uno,” kata Zaki dikutip Jumat (26/5/2023).

Situasi tersebut, dia menilai, tentu semakin menguatkan modal Erick Thohir maju sebagai cawapres. Selain daripada itu, juga menjadi bukti Eks Presiden Inter Milan ini sebagai pemimpin yang didambakan masyarakat.

Kondisi tersebut semakin menguat bila merujuk dari hasil temuan survei Poltracking Indonesia periode 5-19 April 2023. Elektabilitas Erick Thohir meningkat signifikan hingga mencapai angka sebesar 17,1 persen.

Hadirnya capaian tersebut, lanjut dia, tentu semakin membuka peluang besar hadirnya pinangan dari partai politik (parpol). Dia menilai karakteristik Erick Thohir sangat cocok mendampingi siapapun figur calon presidennya.

“Saya melihat potensi pak Erick Thohir lebih tinggi untuk bisa maju dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti sebagai cawapres dipasangkan di manapun,” terang Zaki. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini