Sukses

Cuaca Hari Ini Senin 29 Mei 2023: Sebagian Jabodetabek Hujan Siang Nanti

Cuaca Jakarta pada pagi hari ini di awal pekan, Senin (29/5/2023) keseluruhannya diprediksi cerah berawan. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini, Senin (29/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca Jakarta pada pagi hari ini di awal pekan, Senin (29/5/2023) keseluruhannya diprediksi cerah berawan. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini, Senin (29/5/2023).

Berbeda pada siang nanti, cuaca hujan ringan diprediksi guyur wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, sisanya cerah juga cerah berawan, seperti laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprediksi bakal hujan dengan intensitas ringan malam hari nanti, sisanya wilayah Ibu Kota berawan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada sore hari," papar BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Depok, Jawa Barat, pagi hingga siang hari diprakirakan berawan, lalu hujan dengan intensitas ringan malam nanti.

Tak jauh berbeda, Kota Bogor, Jawa Barat, pagi hari ini diprediksi berawan, namun siang hingga malam hari nanti turun hujan berintensitas ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan skala lokal dan durasi singkat pada waktu siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang," jelas BMKG.

Di Kota Tangerang, Banten, pagi hari ini diprakirakan cerah berawan, siang hari hujan ringan, lalu malam nanti kembali berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan  Cerah  Berawan
 Bekasi   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Depok   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pembalap Formula E Mulai Berdatangan, Akan Adaptasi dengan Cuaca Jakarta

Sebelumnya, Advisor Formula E Jakarta Irawan Sucahyono mengungkapkan, pembalap-pembalap Jakarta E-Prix 2023 sudah mulai tiba di Jakarta. Rencananya, Formula E 2023 akan berlangsung pada 3 dan 4 Juni di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

"Untuk mobil (balap) sudah mulai masuk. Hari ini sampai besok pembalap-pembalap akan datang. Mungkin ada yang hari ini, ada yang besok," kata Irawan di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (28/5/2023).

Irawan mengatakan, para pembalap tidak dapat mencoba langsung sirkuit di Ancol tersebut. Sebab, para pembalap Formula E 2023 harus beradaptasi dengan cuaca di Jakarta.

"Mereka harus adaptasi cuaca di Indonesia karena kalau enggak (adaptasi), dia kurang prima. Biasanya perlu 1-2 hari untuk adaptasi cuaca dan waktu karena perbedaan waktu dengan di Eropa," jelas Irawan.

Meski demikian, para pembalap tersebut boleh menjajal sirkuit pada Rabu atau latihan yang resmi pada Jumat 2 Juni 2023.

Lebih lanjut, Irawan memastikan seluruh persiapan di lokasi Sirkuit Ancol sudah 100 persen untuk mengadakan balapan Formula E kali kedua di Jakarta.

"Panggung sudah selesai, kita sudah test, positioning, tiket semua sudah," kata Irawan.

3 dari 5 halaman

Harga Telur Ayam Melambung Tingggi karena Cuaca Panas dan Banyak Hajatan?

Sementara itu, sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar Toha Mashuri meyakini, Kenaikan harga telur ayam saat ini karena banyaknya hajatan atau pesta di masyarakat.

"Kira-kira masalahnya pada akhir Syawal banyak serapan untuk hajatan. Selain itu, produksi agak turun karena cuaca panas akhir-akhir ini," katanya, Rabu 24 Mei 2023.

Pihaknya juga sudah komunikasi dengan para peternak di Kabupaten Blitar terkait dengan harga telur ayam. Saat ini, harga telur ayam sekitar Rp27 ribu per kilogram.

Kabupaten Blitar merupakan salah satu sentra penghasil telur ayam. Ada sekitar 15 juta ekor populasi ayam petelur dengan produksi sekitar 80 ton per hari.

Sukarman, salah seorang peternak ayam di Kabupaten Blitar mengatakan harga telur ayam dari kandang saat ini sekitar Rp27.500 per kilogram.

Ia mengatakan, harga ini sebenarnya adalah harga keekonomian, sesuai dengan harga pakan. Namun, masyarakat justru menilai harga Rp27.500 per kilogram ini tinggi. Dirinya menilai, masyarakat belum mengerti hitung-hitungan untuk budi daya ayam sehingga dengan harga tersebut dianggap tinggi.

4 dari 5 halaman

Harga Telur Akan Bertahan

Sukarman mengatakan, harga telur ayam tersebut sudah terjadi sekitar tiga pekan lalu dan bertahan hingga kini. Terdapat beberapa penyebab kenaikan harga telur ayam, selain karena harga pakan juga banyak ayam remaja sehingga belum produktif.

"Pada saat maleman (10 hari terakhir di bulan Ramadhan 2023), banyak ayam yang afkir (ayam yang sudah tidak produktif) dijual, sebab biasanya harganya tinggi. Setelah Hari Raya Idul Fitri produksi kan produksi berkurang, jadi untuk peternak layer setelah afkir diisi lagi. Ayamnya umur tiga bulan," katanya.

Pihaknya memprediksi harga telur ayam itu akan bertahan sekitar tiga bulan lagi. Dimungkinkan, ternak ayam sudah lebih produktif dengan ayam-ayam muda.

"Setelah hari raya 2-3 bulan lagi akan stabil lagi produksinya. Ternak ayam yang lama afkir dan ini ada generasi berikutnya," kata dia.

5 dari 5 halaman

Tindak Tegas Broker

Ia pun mengaku, sebenarnya permintaan pasar akan telur ayam juga masih tetap, kendati harganya saat ini Rp27.500 per kilogram dari peternak.

Pihaknya justru berharap pemerintah tegas menindak para broker yang sering menjadi pemicu ketidakstabilan harga telur ayam. Misalnya, di Blitar harganya Rp27.500 per kilogram, di luar harganya ada yang Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

"Seandainya di luar itu harganya Rp35 ribu hingga ada yang Rp40 ribu per kilogram itu buka dari kami melainkan broker," kata Sukarman yang juga Ketua koperasi Putra Blitar ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.