Sukses

PAN Usul Erick Thohir Cawapres karena Terbukti Bisa Memimpin dan Kerja Nyata

Untuk capres yang cocok bersama Erick Thohir, Yandri mengatakan bisa berpasangan dengan Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - PAN terus mengusulkan agar Menteri BUMN Erick Thohir diusung menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pasalnya, usulan ini terus diajukan lantaran menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut terbukti mampu memimpin dan bekerja nyata jika diberikan amanah.

“Ya kalau kenapa kan enggak usah ditanya lagi kan. Sudah tahu alasannya kan. Dari sisi bola saja sudah hebat, ya kan? Kinerja Erick Thohir sebagai Menteri BUMN juga bagus,” terang Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN, Yandri Susanto dikutip Kamis (25/5/2023).

Seperti diketahui, Erick Thohir di Kementerian BUMN dan PSSI menorehkan banyak kerja nyata. Terbaru sebagai Ketum PSSI, ia membawa Timnas Sepak Bola U-22 Indonesia memperoleh medali emas di SEA Games Kamboja 2023.

Raihan medali emas ini mengakhiri ‘puasa’ Indonesia di cabang olah raga sepak bola selama 32 tahun. Terakhir Indonesia meraih medali emas di cabor sepak bola pada ajang SEA Games di tahun 1991.

Kemudian, di Kementerian BUMN, Erick Thohir berhasil mencatatkan peningkatan laba secara konsisten setiap tahunnya. Mulai dari Rp 13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 124,7 triliun pada 2021.

Laba ini kembali meningkat di tahun 2022 menjadi Rp 303,7 triliun. Dividen yang dicatatkan oleh Kementerian BUMN untuk negara juga menyentuh angka terbesar sepanjang sejarah.

Angka dividen ini menyentuh angka Rp 80,2 triliun dan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Di samping itu, Erick Thohir juga berhasil mengungkap berbagai kasus korupsi di perusahaan – perusahaan BUMN.

Mulai dari Asabri, Jiwasraya, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan Pelindo. Karenanya, PAN menilai kepemimpinan Erick Thohir cocok untuk naik tingkat menjadi Wakil Presiden Indonesia selanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Disandingkan dengan Prabowo atau Ganjar

Untuk capres yang cocok bersama Erick Thohir, Yandri mengatakan bisa berpasangan dengan Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. Pun demikian hal ini masih menunggu keputusan Ketum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Yandri mengatakan saat ini Zulhas tengah berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk siapa capres dan cawapres yang akan didukung oleh PAN di Pilpres 2024 mendatang.

"Ya semua bisa terjadi. Racikannya itu kan bisa Ganjar-Erick, Prabowo-Erick, bisa yang lain. Ini kan Bang Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan) sedang berkomunikasi," pungkas Yandri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.