Sukses

Bogor Rawan Bencana, Warga Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, kondisi cuaca akibat peralihan musim hujan ke musim kemarau patut diwaspadai lantaran berpotensi dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, longsor, dan angin puting beliung.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Bogor mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca ekstrem selama musim pancaroba.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, kondisi cuaca akibat peralihan musim hujan ke musim kemarau patut diwaspadai lantaran berpotensi dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, longsor, dan angin puting beliung.

"Cuaca cepat berubah. Tadinya panas langsung berubah hujan deras disertai petir," kata Iwan, Senin (8/5/2023).

Iwan menyatakan telah menetapkan status tanggap darurat bencana pada akhir April lalu, setelah daerah itu dilanda bencana banjir, longsor, angin kencang dan pergerakan tanah.

Di Kabupaten Bogor sendiri sudah dua pekan terakhir ini diguyur hujan deras terjadi merata di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Karena itu, ketika terjadi hujan, pihaknya meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menghindari berteduh di bawah pohon serta bangunan yang rawan roboh.

"Bagi warga yang bermukim di sepadan sungai atau di lereng perbukitan kami minta untuk mencari tempat aman jika hujan deras," pinta Iwan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Longsor di Kawasan Gunung Sanggabuana

BPBD Kabupaten Bogor mencatat selama dua pekan terakhir wilayah itu dilanda bencana alam. Bahkan, belum lama ini dalam sehari 15 desa dilanda bencana meliputi banjir, banjir bandang, longsor, angin puting beliung dan pergerakan tanah.

Terbaru, tanah longsor di kawasan Gunung Sanggabuana, Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjungsari. Lereng setinggi kurang lebih 250 meter longsor, Senin (8/5/2023) pagi.

Tidak ada korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur, namun sejumlah warga yang bermukim tidak jauh dari lokasi bencana diungsikan untuk mencegah longsor susulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bogor adalah sebuah kota di Indonesia.
    Bogor adalah sebuah kota di Indonesia.

    Bogor

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Bencana