Sukses

Punya Modal Kuat Sebagai Cawapres, Khofifah Jadi Rebutan Semua Capres

Analis Politik Arifki Chaniago menilai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi rebutan calon presiden. Sebab, secara kultural Khofifah memiliki modal sebagai bagian kulutural dari NU dan Gubernur Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Analis Politik Arifki Chaniago menilai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi rebutan calon presiden di Pemilu 2024. Sebab, secara kultural Khofifah memiliki modal sebagai bagian kulutural dari NU dan Gubernur Jawa Timur.

“Peluang Khofifah ini gubernur, aktivis NU dan modal politik ini secara kultural akan menguntungkan untuk dilirik semua capres,” kata Arifki melalui pesan suara diterima, Senin (24/4/2023).

Arifki lalu mengurai, potensi masing-masing figur calon presiden (capres) bila dipasangkan dengan Khofifah. Pertama, Anies Baswedan membutuhkan sosok pemiliki elektoral di Jawa Timur dan figur perempuan.

“Ketika mengarah ke Ganjar, tentu dia membutuhkan figur perempuan yang religius dan memiliki wilayah yang kuat (Jawa Timur), karena Ganjar cukup kuat di Jawa Tengah,” jelas Arifki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Figur Kuat

Terakhir bagi Prabowo, Arifki meyakini, sosok Khofifah juga dibutuhkan sebagai figur kuat secara religius maupun isu elektoral di Jawa Timur.

“Hal ini menguntungkan bagi Khofifah ketika dia ingin menjadi calon wakil presiden dari calon presiden yang menginginkannya dan Khofifah berhitung bahwa dia dalam kondisi politik Pilkada keduanya di Jatim, tentu harapannya menang dan bukan kalah,” Arifki menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini