Sukses

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi Temui Shin Tae-yong dan Pemain Timnas di Stadion GBK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan pelatih dan para pemain Timnas U-20 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (31/3/2023). Pertemuan dilakukan menyusul keputusan FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan pelatih dan para pemain Timnas U-20 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (31/3/2023).

Pertemuan dilakukan menyusul keputusan FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Stadion GBK pukul 15.35 WIB. Jokowi didampingi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Setiba di lokasi, Jokowi berbincang terlebih dahulu dengan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. Perbincangan berlangsung hampir 10 menit.

Setelah itu, Jokowi menghampiri pemain Timnas U-20 Indonesia yang sudah berkumpul di lapangan Stadion Utama GBK. Jokowi menyalami para pemain dan ofisial Timnas U-20 Indonesia.

Jokowi lalu berbincang dengan para pemain, pelatih, dan ofisial Timnas U-20 Indonesia. Tak diketahui isi perbincangan, namun terlihat cukup serius. Mereka berbincang sambil berdiri dalam bentuk lingkaran.

Sebelum bertemu Jokowi, para pemain Timnas U-20 Indonesia bersama Shin Tae-yong melakukan pemanasan dan latihan kecil. Mereka mereka bermain sepakbola di lapangan hijau Stadion Utama GBK. 

Sebelumnya, Federasi sepak bola dunia (FIFA) membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal ini dengan pertimbangan situasi terkini.

Dalam pernyataan resmi, FIFA menyebutkan, menyusul pertemuan Rabu, 29 Maret 2023 antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan dengan mempertimbangkan situasi terkini untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

FIFA menyatakan akan secepatnya menunjuk tuan rumah baru, sedangkan tanggal penyelenggaraan kompetisi itu tidak berubah. Kemudian diumumkan kalau potensi sanksi terhadap Indonesia juga akan diumumkan pada tahap berikutnya.

FIFA ingin menggarisbawahi meski terdapat keputusan ini, pihaknya tetap berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI, melalui kerja sama erat dan dengan dukungan Presiden (Joko Widodo), pada proses transformasi sepak bola Indonesia menyusul tragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

"Anggota-anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam bulan-bulan mendatang, dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir," demikian pernyataan lanjutan FIFA dikutip dari Antara, Kamis pekan ini.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Dipastikan Batal, Argentina Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Indonesia sudah resmi batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pembatalan ini dipastikan setelah FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah.

Salah satu yang dijadikan alasan FIFA yaitu terkait kondisi terkini di Indonesia. Meski tak menyebut Israel, kondisi terkini yang dimaksud FIFA yaitu adanya penolakan terhadap Israel utamanya dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Kini Federasi Sepak Argentina (AFA) sudah mengajukan permohonan secara resmi untuk menjadi tuan rumah. Ini menyusul dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Banyak negara lain yang menyatakan minat, tapi dalam hal proposal formal dan garansi pemerintah, Argentina ada di pole position (terdepan)," kata Gianni Infantino saat konfrensi pers menjelang Kongres CONMEBOL di Paraguay seperti dikutip FIFA.com.

Argentina berpeluang untuk menyempurnakan prestasi di Piala Dunia U-20. Seperti diketahui, tim senior menjadi juara Piala Dunia 2022 lalu di Qatar. Sebagai informasi, Argentina merupakan negara terbanyak yang pernah juara Piala Dunia U-20 sebanyak enam kali.

Infantino menegaskan, FIFA tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20. Maka itu, keputusan siapa pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 akan segera diumumkan.

"Keputusan akan segera diambil, saya pikir dalam dua atau tiga hari ini, secepat mungkin karena Piala Dunia U-20 sudah kick off pada 20 Mei," kata Infantino.

"Ini sebentar lagi. Kita tahu bagaimana sepak bola di Argentina, ini negara yang saya yakin bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia yang besar ini."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.