Sukses

Megawati dan Jokowi Bertemu, Puan: Bahas yang Sedang Hits, Koalisi ke Kanan dan Kiri

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkap pertemuan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) salah satunya membahas masalah koalisi di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkap pertemuan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) salah satunya membahas masalah koalisi di Pemilu 2024.

"Terkait dengan hal-hal yang sekarang sedang marak atau sedang hits, koalisi ke kanan, ke kiri, atau siapa dan siapa," ujar Puan mengungkap isi pertemuan Megawati dan Jokowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Puan mengatakan, PDIP berharap koalisi Pemilu 2024 yang dibangun adalah koalisi yang sehat. Serta bisa menyatukan semua elemen bangsa tanpa membedakan partai politiknya.

"Tentu saja kami berharap PDIP berharap koalisi-koalisi yang nantinya akan terjadi memang koalisi yang sehat, kemudian bisa menyatukan semua elemen bangsa, tanpa membeda-bedakan apapun yang jadi tujuannya dari tiap parpol," ujar Puan.

Selain itu, kata Puan pertemuan Megawati dan Jokowi juga membicarakan isu bangsa dan negara. 

"Jadi lebih bicara tentang arah berbangsa dan bernegara, bagaimana pemimpin bisa berjalan dengan baik, ekonomi berjalan sehat dan meningkat, juga menyelesaikan permasalahan-permasalahan sehingga nanti tahun 2024 pasca selesainya pileg dan pilpres, pemerintahan pak Jokowi di periode kedua ini memang bisa selesai dengan baik dan lancar," ujar Puan.

Termasuk untuk memastikan pesta demokrasi lima tahunan bisa berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai jadwal.

"Bagaimana kemudian semuanya itu tetap berjalan dengan baik, aman, lancar, sesuai dengan jadwalnya kemudian bermanfaat bagi bangsa dan negara bahwa pesta demokrasi 5 tahunan atau pemilu 5 tahunan itu adalah satu proses yang memang harus dilewati, namun jangan kemudian memecah belah bangsa atau memecah belah persatuan dan kesatuan," ujar Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Megawati di Istana Merdeka, Jokowi Akui Beri Masukan soal Capres 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui dirinya ikut memberikan masukan terkait calon presiden (capres) 2024 kepada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri. Dia menyebut pandangan yang disampaikannya berdasarkan data-data yang ada soal kandidat capres 2024.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Megawati di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu 18 Maret 2023.

"Yang jelas saya memberikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang kita miliki dan dari data yang kita miliki," jelas Jokowi kepada wartawan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (20/3/2023).

Kendati begitu, dia tak mau menyebutkan siapa sosok capres dari PDI Perjuangan. Jokowi meminta agar hal tersebut ditanyakan langsung kepada Megawati. "Calonnya tanya Bu Mega," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Megawati juga makan siang bersama. Jokowi menuturkan dirinya dan Presiden kelima RI itu turut membahas soal pemilu 2024, koalisi, hingga calon presiden.

"Ya pasti ada (pembahasan Pemilu). Ya itu kira kiranya (soal koalisi dan capres). Mengenai 2024," tutur Jokowi.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024