Sukses

Erick Thohir Selalu Buat Transformasi, Merangkul Anak Muda

Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir disebut selalu berhasil melakukan transformasi di mana dirinya berada. Hal ini disinggung saat bedah buku berjudul (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir di Gelangang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Medan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir disebut selalu berhasil melakukan transformasi di mana dirinya berada. Hal ini disinggung saat bedah buku berjudul (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir di Gelangang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Medan.

"Keunikan pak Erick adalah berhasil melakukan transformasi ketika berada di titik terendah," kata pengamat olahraga Fritz Simanjuntak yang diundang sebagai pembicara, dalam keterangan yang diterima Jumat (17/3/2023).

Dia mencontohkan, bagaimana Erick bisa membawa peluang cabang olah raga untuk bisa meraih prestasi.

"Dia melakukan konsolidasi dengan tim bulu tangkis dan angkat besi, dua cabang yang sangat berpotensi meraih emas. Terbukti di 2016 Indonesia berhasil meraih medali emas di Rio, saat dia menjadi NOC dan kemudian kembali lagi ke atas saat berhasil di Asian Games 2018," ungkap Fritz.

Dia juga mengungkapkan, Erick bisa mentransformasi keberhasilannya kepada orang lain. "Sebagai pemimpin dia bisa mengeksekusi melalui orang lain, melalui anak-anak muda melakukan terobosan yang unik," jelas Fritz.

Sementara, penulis buku Abdullah Sammy menegaskan, bukunya bercerita bagaimana Erick di masa kecil hingga kuliah dan masuk ke dunia kerja sampai akhirnya menjadi Menteri BUMN.

"Dari tiga bagian itu kita bisa melihat proses kronologi yang membentuk Erick Thohir yang dan bagaimana dia belajar dan beradaptasi ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana," jelas dia.

Sammy menuturkan, bisa dilihat tak ada proses instan yang dilakukan oleh seorang Erick. Semuanya dimulai dari titik terendah sebelum akhirnya mencapai puncak.

"Di buku ini kita bisa belajar leadership, organisasi dan strategi managemen. Kita juga bisa melihat karakter sejati Erick Thohir melewati proses mendaki menuju titik sukses yang tentunya melelahkan," kata dia.

Adapun, bedah buku Erick Thohir rencananya akan terus berlanjut di kota Bandung dan Yogyakarta dan Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modal Sosial Kuat Erick Thohir Naikkan Tingkat Keterpilihan Cawapres

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai miliki modal sosial kuat untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden 2024. Rekam jejak prestasi Erick Thohir membuatnya makin jadi pilihan utama masyarakat.

Pegiat Media Sosial Politik Yuari Prayanto menilai prestasi dan capaian tinggi Erick Thohir menambah kekuatan untuk maju cawapres di Pilpres mendatang. Kinerja cemerlang memimpin Kementerian BUMN membuat pandangan masyarakat makin positif.

"Erick Thohir punya modal sosial tinggi," kata Yuari dalam channel YouTube MindTV Indonesia.

Lebih lanjut dia menyebut, sejumlah pencapaian besar Erick Thohir menjadi tolok ukur keberhasilan kepemimpinannya. Eks Presiden Inter Milan ini begitu konsisten mendapat perhatian khusus jelang tahun politik Polpres 2024.

Melalui kepemimpinan Erick Thohir, membuat kenaikan laba pendapatan BUMN yang sangat signifikan. Capaian itu turut membuat pemasukan negara melonjak tinggi yang mempercepat kemajuan.

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir laba pendapatan BUMN mampu mencatatkan lonjakan kenaikan. Mulai dari Rp13 triliun di 2020 menjadi Rp124,7 triliun pada 2021 dan kembali meningkat hingga Rp 303,7 triliun di 2022.

Karenanya, menurut dia, sangat wajar bila Erick Thohir begitu digandrung masyarakat maju Pilpres 2024. Terutama untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada dengan siapa pun pasangannya.

"Mencuatnya nama Erick Thohir tidak terlepas dari kemampuan individu yang luar biasa. (Erick Thohir) semakin diminati jadi pemimpin selanjutnya," jelas Yuari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.