Sukses

Bakal Jadi Eco Transport, LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai Rampung 2024

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan proyek pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai ditargetkan selesai pada akhir 2024.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan proyek pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai ditargetkan selesai pada akhir 2024.

VP Corporate Secretary PT Jakpro mengatakan pengerjaannya sejalan dengan proses penyiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang bakal menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik di Ibu Kota.

"LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti KAI Commuter Line dan MRT Jakarta," kata Syachrial dalam keterangan resmi, Jumat (10/2/2023).

Syachrial menyampaikan bahwa secara rinci, rute Fase 1B mencapai jarak sepanjang 6,4 kilometer dengan lima stasiun. Rute ini, ditargetkan dapat membawa minimal 80-100 ribu penumpang per hari dan maksimal 180 ribu penumpang setiap harinya.

Syachrial menyebut pembangunan LRT Jakarta Fase 1B tergolong transportasi hijau atau rendah karbon dan ramah lingkungan.

Sembari pengerjaan, Jakpro juga akan meningkatkan fitur operasional LRT Jakarta pada Fase 1A rute Velodrome - Kelapa Gading. Semisal, menyediakan ramp sepeda di tangga akses, melebarkan gate pembayaran, serta pengadaan koridor kereta yang dapat mengakomodir sepeda lipat maupun sepeda non-lipat.

"Hal ini tidak lepas dari komitmen perusahaan yang bertujuan untuk mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan (Eco Transport) di lingkungan masyarakat perkotaan, serta komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk mencapai nol emisi pada 2050," jelas Syachrial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat untuk UMKM

Selain itu, juga akan disediakan tempat usaha bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga sejalan dengan salah satu program Pemprov DKI Jakarta Jakpreneur untuk meningkatkan roda perekonomian warga.

Jakpro menuturkan bahwa saat ini, pengguna transportasi publik di Jakarta mencapai kurang lebih 1 juta pengguna per hari. Pada 2030, Pemprov DKI Jakarta menargetkan sebesar 60 persen masyarakat Ibu Kota naik moda transportasi umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT