Sukses

Pemilu 2024: Airlangga Ketemu Cak Imin, Golkar Akan Tawarkan Gabung KIB

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan melakukan pertemuan di Istora Senayan, Jumat (10/2) pagi. Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, Golkar akan mengajak PKB bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan melakukan pertemuan di Istora Senayan, Jumat (10/2) pagi. Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, Golkar akan mengajak PKB bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pemilu 2024.

"Kita sendiri kan sudah punya KIB, jadi kalau dilihat dalam komposisi kekuatan partai politik, yang tergabung dalam KIB kan juga KIB bahkan jauh lebih dulu terbentuk. Jadi, karena itu ya justru kita juga akan tawarkan kalau mau gabung juga dengan KIB," ujar Ace di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (9/2).

Namun, Golkar menegaskan mendorong Airlangga sebagai calon presiden 2024. Ace yakin, PKB memahami Golkar sudah punya sikap tersebut. Golkar pun tahu PKB punya sikap mendorong Cak Imin sebagai calon presiden. Hanya tinggal bagaimana kedua pihak membuat kesepakatan.

"Masing-masing juga sudah punya posisi misalnya Golkar jelas punya Airlangga sebagai capres, PKB juga mereka mengatakan pak Muhaimin tinggal kemudian disepakati baiknya seperti apa," ujar Ace.

Soal Airlangga menjadi calon presiden, tergantung apakah partai yang dijajaki koalisi mau atau tidak. Tergantung apa tawaran yang disampaikan.

"Masalahnya adalah tentu dikembalikan ke parpol apakah tawaran yang disampaikan kami ke parpol-parpol tersebut tentu tergantung partainya apakah mereka mau terima atau tidak tapi setidaknya positioning Golkar saya kira sudah sangat jelas," pungkas Ace.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Santai

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyatakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Safari politik itu akan digelar di kawasan Senayan pada Jumat (10/2/2023). “Insya Allah besok jam 08.00 pagi di Istora Senayan, ya jalan santai sambil nyari tempat kongkow untuk ngopi, guyonan dan sarapan,” kata Jazilul saat dikonfirmasi, Kamis (9/2/2023).

Jazilul mengakui pertemuan besok akan membahas tawaran koalisi di Pemilu 2024. “Agendanya Sersan (serius tapi santai), apalagi kalau bukan ngobrolin seputar pemilu 2024 dan dinamika koalisi,” kata Jazilul.

3 dari 3 halaman

Elite PKB dan Golkar Bakal Hadir

Menurut Jazilul, yang akan hadir pada safari politik besok adalah para Ketum dan jajaran DPP.

“Langsung Gus Muhaimin dan Pak Airlangga, Ketum PKB dan Ketum Golkar akan bertemu didampingi jajaran elit/punggawa masing masing partai,” kata dia.

Sumber: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.