Sukses

Survei: Prabowo Masih Leading Atas Ganjar dan Anies

Ada beberapa faktor yang membuat Prabowo Subianto tetap leading atas kompetitor utamanya yaitu Ganjar dan Anies.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Political Weather Stations (PWS) merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas calon presiden setahun jelang Pemilu 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto masih berada di posisi puncak mengalahkan para kompetitornya.

Peneliti Senior PWS, Sharazani MA mengungkapkan, seandainya saat ini dilaksanakan Pilpres, sebanyak 31,2% responden mengaku akan memilih Prabowo. Di posisi kedua dan ketiga ditempati Ganjar Pranowo (20,5%) dan Anies Baswedan (19,8%).

"Capres-capres papan tengah dan papan bawah (kecuali Ridwan Kamil) elektabilitasnya cenderung stagnant, bahkan beberapa diantaranya mengalami penurunan," kata dia dalam keterangannya, Minggu (5/2/2023).

Ada beberapa faktor yang membuat Prabowo Subianto tetap leading atas kompetitor utamanya, yaitu Ganjar dan Anies. Pertama, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI terus diapresiasi publik dan menempatkan Prabowo sebagai menteri terbaik selama pemerintahan Jokowi Jilid II. Kedua, sikap kenegarawanan Prabowo semakin teruji dan paling menonjol dibandingkan capres manapun.

"Ketiga, endorsement yang berulangkali disampaikan Presiden Jokowi terhadap pencapresan Prabowo, menggiring sebagian besar loyalis Jokowi untuk memilih Prabowo. Keempat, ketidakjelasan partai pengusung Ganjar dan Anies membuat pendukung mereka semakin galau dan berpaling ke Prabowo," ujar dia.

Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah. Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling). Margin of error +/- 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknik Wawancara

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen penduduk pedesaan dan 40 persen penduduk perkotaan.

Survei ini dilengkapi dengan analisis media monitoring untuk memperdalam trend sentimen publik terhadap partai politik setahun jelang Pemilu 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Anies