Sukses

PDIP Jawab Kode-kode Surya Paloh: Kalau Soal Capres Tidak Akan Ditangkap

Hasto mengatakan, PDIP tetap terbuka untuk bersilaturahmi dengan siapapun, termasuk NasDem yang telah mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan di Pilpres. Namun, dia PDIP

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengirimkan kode-kode agar bisa bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Surya Paloh berharap agar bisa segera bertemu dengan Megawati.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan sebelum bertemu dengan Megawati, Surya Paloh harus secara terang menjelaskan kode apa yang dimaksud. Apakah kode itu untuk kepentingan bangsa dan negara atau kode lainnya.

"Pak Surya Paloh kan bilang ada kode-kodenya. Kodenya harus kita tangkap dulu, kodenya untuk apa? Untuk kepentingan bangsa dan negara untuk kode elektoral, untuk kode capres cawapres," kata Hasto, saat ditemui di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Jika kode tersebut terkait capres dan cawapres, Hasto menilai kode yang dimaksud tidak mungkin ditangkap oleh Megawati. Sebab, capres dan cawapres yang akan diusung PDIP jelas berasal dari kader PDIP yang memiliki prestasi. 

"Kan NasDem sudah punya capres dan ini capresnya berbeda dengan PDIP, karena pidato Ibu Mega kan capres PDIP dari kader capres yang berprestasi bukan capres yang pintar berpoles diri. Kodenya ini kami tangkap dulu," tegasnya. 

Kendati demikian, dia menegaskan, PDIP tetap terbuka untuk bersilaturahmi dengan siapapun. Serta membuka untuk bergotong royong dengan partai politik lainnya. 

"PDIP prinsipnya sebagai partai yang mengedepankan gotong-royong yang mengedepankan dialog-dialog ini untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara tapi juga untuk desain masa depan jadi kita terbuka," imbuh Hasto. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kode Surya Paloh ke Megawati

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku jika partainya berkeinginan untuk bertemu dengan PDI Perjuangan terutama bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Bahkan, Paloh menyebut akan memberikan kode-kode kepada Megawati.

"Saya pikir keinginan untuk itu sih ada saja. Tinggal atur saja. Kita kasih kode-kode dulu. Barangkali bagaimana kapan Bu Mega ada waktu yang baik," kata Paloh, usai bertemu dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu, ! Februari 2023. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.