Sukses

Gus-Gus Jatim Pendukung Ganjar Bantu Revitalisasi Ponpes

Jaringan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur Pendukung Ganjar Pranowo menyerahkan material bangunan guna merevitalisasi beberapa fasilitas di Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo, Semen, Kec. Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jatim, Jumat (3/2/23).

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur Pendukung Ganjar Pranowo menyerahkan material bangunan guna merevitalisasi beberapa fasilitas di Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo, Semen, Kec. Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jatim, Jumat (3/2/23).

Revitalisasi itu untuk mendorong kemaslahatan pondok pesantren sebagai pusat pendidikan dan penyiaran Islam.

Koordinator GGN Jatim, Gus Alwy Hasan mengatakan sejumlah material yang diberikan meliputi besi, batu bata, pasir, karpet, dan cat untuk mempercepat proses revitalisasi lahan parkir, taman, serta sanitasi di depan asrama putri Ponpes Ar-Rohman.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh pengasuh Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo, Gus Ridlo Rifai usai kegiatan "Selawat dan Doa Bersama untuk memperingati Isra Miraj".

Pihak ponpes telah lama menginginkan revitalisasi sejumlah fasilitas tersebut. Hal ini disampaikan pengurus ponpes pada safari pondok pesantren se-Jatim yang gencar dilaksanakan oleh GGN.

"Mudah-mudahan pemberian dari Gus-Gus Nusantara ini mampu membantu kegiatan belajar mengajar di ponpes itu," jelas Gus Alwy.

Ar-Rohman Tegalrejo, lanjut Gus Alwy, merupakan Ponpes yang terbilang cukup tua dan memiliki nilai historis atas syiar Islam di lingkungan Mataraman. Apalagi, Ponpes ini telah berdiri sekitar tahun 1835 oleh KH. Abdurrohman.

"Ponpes ini adalah salah satu muara atau cikal bakal ponpes di Mataraman; daerah Ponorogo, Magetan, Madiun, Trenggalek, dan Tulungagung. Sehingga kami sangat perlu untuk melakukan pendekatan kepada simbol-simbol pondok pesantren khususnya di Mataraman," kata Gus Alwy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Ponpes

GGN sebagai wadah kolaborasi dari putra para kyai memiliki cita-cita meningkatkan kualitas pendidikan ponpes. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan safari ke seluruh ponpes yang ada di Jatim.

"Kami Gus-Gus Nusantara akan terus mencari pondok pesantren yang kiranya perlu dibantu meliputi apapun kebutuhan nya ponpes," ungkap Gus Alwy.

"Semoga bantuan yang Gus-Gus Nusantara berikan ke ponpes bisa bermanfaat dan mudah-mudahan para santri bisa lebih tenang, lebih gayeng dan semangat" imbuh dia.

Gus Muhammad Ridlo Rifai selaku Pengasuh Ponpes Ar-Rohman Tegalrejo bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh GGN Jawa Timur.

Menurut dia, revitalisasi lahan parkir, taman, dan sanitasi tersebut diperuntukkan bagi wali murid maupun masyarakat setempat.

"Terima kasih saya ucapkan kepada tim dari GGN. Semoga dengan adanya jalinan silaturahmi serta bantuan ini akan semakin banyak keberkahan-keberkahan yang dibangun, tidak hanya Ponpes Ar-Rohman tapi pesantren lain yang juga," ucap Gus Ridlo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo