Sukses

Cuaca Hari Ini Kamis 2 Februari 2023: Pagi Berawan, Jakarta Hujan Siang hingga Malam

Cuaca hari ini, Kamis (2/2/2023), langit pagi Jakarta hampir seluruhnya diprediksi berawan, kecuali Kepulauan Seribu turun hujan dengan intensitas ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca hari ini, Kamis (2/2/2023), langit pagi Jakarta hampir seluruhnya diprediksi berawan, kecuali Kepulauan Seribu turun hujan dengan intensitas ringan.

Siang hari nanti, cuaca hujan berintensitas ringan dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), diprakirakan guyur Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, sisanya berawan.

Berbeda, hujan ringan diprediksi turun di hampir seluruh wilayah Jakarta, kecuali Jakarta Utara berawan pada malam hari nanti.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari," terang BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat, pagi hari ini diprakirakan cerah berawan, namun siangnya hujan ringan, dan malam nanti kembali berawan.

Yang lainnya yaitu Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat, pagi ini diprediksi cerah berawan, tetapi siang sampai malam nanti diguyur hujan berintensitas ringan hingga sedang.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada rentang waktu antara pagi hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," papar BMKG.

Di Kota Tangerang, Banten, pada pagi hari ini diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan, siang hingga malam nanti berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Utara   Berawan  Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Hujan Ringan  Berawan  Hujan Ringan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tangerang  Hujan Ringan  Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan BMKG

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem hingga Selasa, 31 Januari 2023 di beberapa wilayah di Sulawesi Utara. Seiring potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG mengimbau untuk warga terus berhati-hati.

Sejumlah wilayah di Sulawesi Utara berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir, kilat dan angin kencang. “BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 31 Januari 2023,” ujar Koordinator Bidang Obvervasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle,Sabtu, 28 Januari 2023, dikutip dari Antara, Minggu 29 Januari 2023.

Ia mengingatkan masyarakat tetap waspada antisipasi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi hingga puncak musim hujan pada awal Februari 2023.

Ben juga mengharapkan warga terus berhati-hati seiring potensi cuaca ekstrem. Ia menambahkan, potensi cuaca ekstrem dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi antara lain banjir, longsor, dan pohon tumbang.

"Mari tetap waspada dan terus mendapatkan update informasi cuaca yang dapat diakses melalui kanal-kanal yang tersedia,” kata Ben.

3 dari 3 halaman

Wilayah-Wilayah yang Diimbau BMKG

Ada pun peringatan dini cuaca pada 29 Januari mencakup wilayah Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Pada hari berikutnya, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara pada 31 Januari 2023 diprediksi terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.