Sukses

Surya Paloh Prioritaskan Sambangi Golkar Ketimbang Partai Satu Koalisi

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menjelaskan alasannya lebih dulu memilih mendatangi Partai Golkar dahulu dibandingkan Demokrat dan PKS yang merupakan partai calon Koalisi Perubahan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menjelaskan alasannya lebih memprioritaskan mendatangi Partai Golkar  dibandingkan Demokrat dan PKS yang merupakan partai calon Koalisi Perubahan.

Menurut Paloh, Golkar adalah prioritas sebab dirinya adalah mantan kader Golkar selama 43 tahun. 

“Agak keringatan dikit ya, baiklah, kenapa harus berkunjung ke Golkar? Prioritas bagi Nasdem. Ada satu romantisme, ada satu perjalanan sejarah perjalalan kehidupan saya pribadi dalam usia yang saya capai saat ini, jenjang karir politik yang saya capai hari ini,” kata Paloh di Kantor DPP Golkar, Rabu (1/2/2023).

Paloh menyebut kunjungan ke kantor DPP Partai di Koalisi Perubahan sedang dicoba atur dan akan terjadi juga. 

“Kenapa enggak berkunjung ke yang lain? Yang lain kita memang baru mencoba ya, baru mencoba,” ucapnya.

Selain itu, Paloh  juga menyatakan pihaknya mengajak Koalisi Indonesia Baru (KIB) untuk bersama NasDem merapat ke Koalisi Perubahan. Menurut Paloh, semua kemungkinan ada untuk saling merapat ke koalisi. 

“Sama-sama mungkin (koalisi). Mungkin juga KIB bergabung ke NasDem. Jadi probability, kemungkinan itu masih terbuka,” kata Paloh.

Sementara itu, Airlangga menyatakan pertemuan dengn Paloh sudah sering dan ini bukan yang pertama kali.

“Ini bukan pertama sudah berkali-kali. Di antara pertemuan itu kami sering berkomunikasi,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasih Kode ke Megawati

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyatakan pihaknya akan membuka komunikasi ke berbagai partai politik termasuk dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Paloh menyebut akan lebih dulu membuat kode-kode ke PDIP dan sama-sama mengatur jadwal.

"Saya pikir keinginan untuk itu sih ada saja, tinggal atur saja, kita kasih kode-kode dulu," kata Surya Paloh, usai pertemuan dengan Golkar, Rabu (1/2/2023).

Surya Paloh mengatakan akan lebih dulu mencari tahu waktu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Bagaimana, kapan Bu Mega ada waktu yang baik," kata dia.

Ia berharap, PDIP juga memiliki suasana kebatinan dan penerimaan yang sama terkait rencana pertemuan kedua partai. "Mudah-mudahan suasana kebatinan sama, harapan penerimaan sama, jadi jelas ada dong," ucap dia.

Sementara itu, Surya Paloh telah bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani pada Agustus 2022. Puan mengaku, ditugaskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sesuai penugasan Rakernas Ketua DPR ditugaskan oleh ibu ketua umum untuk melakukan silaturahmi ke semua partai politik," kata Puan di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin 22 Agustus 2022.

Sedangkan Surya Paloh mengatakan, pertemuan tersebut merupakan pertemuan awal.

"Saya dan Mbak Puan tadi mempunyai satu pemikiran dan kesamaan untuk mengambil kesimpulan pertemuan ini sebagai pertemuan awal yang akan bisa diharapkan untuk ditindaklanjuti dari pertemuan-pertemuan berikutnya yang tidak terbatas untuk tahun ini saja untuk ke depan," kata Paloh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.