Sukses

Kaesang Pangarep Ingin Terjun Politik, Jokowi: Saya Beri Kebebasan, Tak Mempengaruhi

Presiden Jokowi mengatakan, sudah mendengar keinginan sang putra bungsu, Kaesang Pangarep soal keinginannya terjun ke dunia politik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, sudah mendengar keinginan sang putra bungsu, Kaesang Pangarep soal keinginannya terjun ke dunia politik. Dia menegaskan, tidak akan ada intervensi apapun yang akan dilakukan terhadap suami dari Erina Gudono tersebut.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberi kebebasan, saya tidak mempengaruhi," kata Jokowi di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Menurut Jokowi, tindakan dan keputusan Kaesang sudah harus berdasarkan keyakinan pribadinya. Sebab, Kaesang saat ini sudah berkeluarga dan bisa memutuskan tindakan terbaiknya.

"Sudah bisa memutuskan karena mereka sudah punya keluarga sendiri, harus tanggung jawab bisa memutuskan sendiri dan saya tidak ikut-ikut," jelas Jokowi.

Keinginan Kaesang terjun ke dunia politik diungkap oleh sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Hal itu lantas menjadi perbincangan hangat di kalangan elite politik dan partai-partai.

Salah satunya oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Dia menyatakan pihaknya akan menerima putra kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep bila ingin berkarya di politik lewat PDIP, mengikuti jejak Jokowi dan putra sulungnya Gibran Rakabuming.

Apalagi, di PDIP dilarang dalam satu keluarga inti berada dalam partai politik yang berbeda-beda. Karena itu, Hasto menilai akan lebih baik bila Kaesang masuk ke PDIP dimana Presiden Jokowi (Ayah Kaesang) dan Gibran Rakabuming Raka (Kakak kandung Kaesang) adalah kader PDIP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Soal Kaesang Ingin Terjun ke Politik, Gerindra Minta Jangan Dijadikan Polemik

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad meminta niatan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep terjun ke politik jangan dijadikan polemik. Apalagi dikaitkan dengan politik dinasti.

"Ya kan kita belum tahu berkiprah di politiknya mau maju apa. Kita juga jangan dibiasakan belum-belum sudah berpolemik sementara kita enggak tahu namanya terjun ke politik itu bisa masuk partai politik bisa langsung ikut pileg ikut pilkada itu kan sesuai dengan konstitusional," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Dasco mengatakan, Gerindra terbuka apabila Kaesang mau bergabung dengan partai yang dipimpin Prabowo Subianto. Gerindra menerima siapapun yang ingin membangun bangsa.

"Partai Gerindra kan memang partai terbuka. Kita kan ya pak Prabowo berkali-kali menyatakan tentunya kita akan menerima apa namanya, insan yang ingin sama-sama membangun bangsa dan negara," ujar wakil ketua DPR RI ini.

Gerindra menunggu keputusan Kaesang apakah berniat maju di Pilkada Solo atau menjadi calon legislatif. Gerindra menyerahkan itu kepada Kaesang.

"Kan saya sudah tadi sampaikan tergantung yang bersangkutan itu mau berkiprah di politiknya dimana kan kita juga sebagai partai politik akan mengikuti perkembangan," ujar Dasco.

3 dari 4 halaman

Pintu Demokrat Terbuka Jika Kaesang Ingin Gabung

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dikabarkan bakal terjun ke dunia politik. Partai Demokrat membuka pintu jika Kaesang ingin bergabung dengan partai di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut.

"Silakan saja (kalau mau gabung), karena itu hak seluruh warga negara Indonesia," kata Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1).

Dia menilai, keinginan Kaesang untuk terjun ke dunia politik merupakan hak dari individu masing-masing terlepas dari putra Presiden.

"Hak individulah siapa pun ya, dunia politik menjadi hak siapapun warga negara Indonesia," ucapnya.

"Artinya siapapun yang berminat masuk dalam dunia politik ya silakan saja karena hak individu," sambung Herman.

Saat ditanya, apakah niat Kaesang terkesan aji mumpung menjelang Presiden Jokowi lengser sehingga putra-putra diperintah untuk terjun ke politik, Herman hanya menjawab secara diplomatis.

"Ya enggak apa-apa enggak apa-apa, terbuka saja dengan siapa pun," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Ingin Terjun ke Politik, Golkar Buka Pintu untuk Kaesang

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menanggapi kabar yang beredar soal keinginan Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik. Dia menilai hal itu wajar karena Kaesang berada dan tinggal di lingkaran politik.

Hal ini disampaikan Doli saat ditemui usai menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Partai Golkar di Hotel Red Top, Pecenongan, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023) malam.

"Ya satu, kan orang mau terjun atau tidak ke politik itu kan hak asasi manusia dan apalagi Kaesang itu lingkungannya itu selama ini sudah berada di lingkungan politik," kata Doli.

"Artinya orang tuanya presiden, aktif di parpol terus kemudian juga dua abangnya juga jadi wali kota, jadi wali kota Solo dan wali kota Medan, lingkungan yang selama ini dijalani kaesang itu pasti ada pembicaraan politik jadi wajar aja kemudian dia tertarik," lanjut dia.

Kendati demikian, Doli menyampaikan pilihan partai politik (parpol) yang hendak dituju sepenuhnya menjadi kewenangan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Partai Golkar, kata dia siap menerima Kaesang apabila ingin bergabung.

"Ya jangankan Kaesang, kita saja sekarang siapa saja baik pejabat, aktivis apakah pengusaha, mau artis, kemudian mahasiswa, pelajar yang merasa visinya sama dengan Golkar dan mereka juga ingin bergabung dengan Golkar selama niatnya benar dan ikut membantu program-program dan ikut membesarkan partai Golkar, ya kita terima saja," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.