Sukses

3 Capres Paling Disukai Kader PAN: Ganjar, Erick Thohir, Anies

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyatakan terdapat tiga nama calon presiden (capres) yang menguat di internal PAN.  Ketiganya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Anies Baswedan. 

Namun, kata Yandri, nama terkuat adalah Ganjar dan Erick.

"Sekarang yang diminati dan disukai oleh publik PAN ya Ganjar, Erick kalau diluar ketum. Ada juga Anies. Kalau dilihat secara mayoritas dan kecenderungan itu Ganjar sama Erick. Tapi Anies juga lumayan kuat," kata Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (24/1/2023).

Yandri menyebut, ketiga nama itu juga akan ikut dibahas atau dibawa ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Dia juga mengakui hingga saat ini belum ada kesepakatan nama capres-cawapres di KIB

"Belum ada titik temu di KIB. Kalau PAN tetal mengacu ke hasil Rakernas. Disitu ada Ganjar, ada Erick yang menguat di internal partai. Tentu ketua umum pasti nomor satu.  Yang lain berpeluang juga," ujarnya. 

Yandri menyebut keputusan final capres PAN ada di tangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Namun, PAN sendiri tidak bisa mengusung oleh krena itu akan membawa ke KIB. 

"Itu (nama capres) juga belum pasti karena wewenang itu ada di ketum. Dan yang paling penting partai lain setuju, kalau enggak setuju ya enggak bisa diusung. Karena PAN enggak cukup," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sinyal Dukungan Zulhas ke Erick Thohir

Sinyal Menteri BUMN Erick Thohir mendapat dukungan maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) 2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN) semakin terang.

Hal ini terlihat dari kedekatan Erick Thohir dan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas dalam berbagai agenda. Dalam beberapa agenda partai, Zulhas kerap melempar kode keras dukungan kepada Erick di hadapan kader PAN.

Terbaru, sinyal itu diperlihatkan saat Erick Thohir ikut bersama Zulhas menghadiri sejumlah agenda PAN di Sumatera Utara (Sumut). Zulhas menyampaikan sinyal akan mendukung Erick maju sebagai Capres atau Cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

Erick Thohir pun diajak menemui kader PAN di Kabupaten Binjai dan Kabupaten Langkat. Dua daerah tersebut dipimpin kader PAN, Syah Afandin atau Ondim. Erick dan Zulhas juga terlihat hadir dalam acara temu kader dan simpatisan PAN se-Sumut.

"Dua menteri hari ini datang ke Sumatera Utara, Insyaallah nanti 2024 datang lagi kemari (sebagai) Presiden atau Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Zulkifli Hasan di Sumut, Selasa (17/1/2023).

Zulhas bahkan menanyakan dengan persuasif kepada para kader apakah Erick Thohir sosok yang tepat didukung PAN di Pilpres mendatang. Pertanyaan itu pun disambut positif kader yang hadir.

"Cocok enggak kalau Pak Erick jadi calon kita?" tanya Zulhas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS