Sukses

Sandiaga soal Erick Thohir: Kita Ditakdirkan Bersahabat Terus

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menceritakan persahabatannya dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang sudah terjalin berpuluh tahun.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menceritakan persahabatannya dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang sudah terjalin berpuluh tahun. Sandiaga mengatakan dirinya dan Erick sering bermain basket bersama waktu masih anak-anak.

"Kita dulu waktu kecil sama-sama main basket, sama-sama sepermainan," ucap Sandiaga sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Kabinet, Senin (23/1/2023).

Dia mengaku hubungan persahabatannya dengan Erick sangatlah dekat. Kedekatan itu tak hanya antar keduanya saja, namun istri Sandiaga dan istri Erick merupakan teman satu arisan.

"Kalau kita ketemu Pak Erick selalu kangen-kangenan dan dekatnya, dekat banget sampai Mbak Nur (istri Sandiaga) dan Mbak Eliza (istri Erick) satu arisan," ujarnya.

Sandiaga mengungkapkan dirinya dan Erick pernah mendirikan perusahaan bersama dimana saat itu keduanya mengalami untung dan rugi. Erick juga pernah mengajak Sandiaga membeli klub basket.

Bukan hanya di dunia bisnis, Erick dan Sandiaga juga sama-sama duduk di kabinet Indonesia Maju. Sandiaga menyebut kantornya berdekatan dengan Erick Thohir sehingga sangat mudah baginya mengujungi sahabatnya itu.

"Kelihatannya kita ditakdirkan bersahabat terus, di HIPMI juga sama-sama, tukang pijet pun sama," kata Sandiaga.

Dia menyampaikan Erick Thohir merupakan sosok yang luar biasa dan pemimpin yang bisa memberikan inovasi out of the box. Meski begitu, perjalanan politik keduanya tak selalu sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda Jalan Saat Pilpres

Saat Pilpres 2019, Sandiaga mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden bersama Prabowo Subianto. Sementara Erick Thohir, mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional.

"Kita enggak selalu sama-sama. Kemarin waktu 2019 kita ada di kubu yang berbeda. Tapi, hubungan (persahabatan) masih sangat baik tidak mempengaruhi," ujar Sandiaga.

Keduanya juga pernah bekerja sama mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018. Kala itu, Sandiaga masih duduk sebagai Wagub DKI Jakarta, sedangkan Erick ditunjuk menjadi Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc).

Sandiaga akan terus mendukung sahabatnya itu menjadi Menteri BUMN. Dia menilai Erick saat ini merupakan tokoh internasional karena sudah bertemu dengan petinggi-petinggi internasional.

"Sekarang dia ditugaskan memimpin BUMN, saya support. Jadi persahabatan ini alhamdulillah langgeng terus. Dan kalau dibilang dia saat ini tokoh internasional, kemarin di Qatar bertemu dengan (Presiden) FIFA, petinggi-petinggi internasional," tutur Sandiaga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.