Sukses

Strategi Jitu Jokowi Bikin UMKM Naik Kelas: Terbitkan NIB dan Digitalisasi

Presiden Joko Widodo memiliki strategi jitu untuk membuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas. Yaitu dengan menerbitkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan melakukan transformasi digital.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memiliki strategi jitu untuk membuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas. Yaitu dengan menerbitkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan melakukan transformasi digital.

Jokowi mendorong agar kementerian terkait dapat mengeluarkan 100.000 NIB perharinya. Terhitung sejak Agustus 2021 hingga Juli 2022 sudah mencapai 1,5 juta NIB untuk UMKM.

Sementara untuk digitalisasi, sebanyak 20,76 juta pelaku UMKM telah terhubung ke dalam ekosistem digital. Presiden Jokowi menargetkan 30 juta UMKM bakal tersentuh digitalisasi pada akhir 2023 mendatang.

Strategi Jokowi meningkatkan kemajuan UMKM mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Prof Mudhofir Abdullah.

Menurut Mudhofir Jokowi terus merealisasikan program-program yang mendorong UMKM naik kelas. Mudhofir berharap berbagai kebijakan Jokowi yang berpihak pada UMKM bisa terus dilanjutkan.

“UMKM terus dikembangkan karena dapat dirasakan oleh kelompok-kelompok usaha kecil menengah. Sangat luar biasa dan perlu dilanjutkan oleh penggantinya yang akan datang,” ujar Mudhofir di kampusnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggerak Ekonomi Nasional

udhofir optimistis dengan keberpihakan program dan kebijakan pemerintahan Jokowi, UMKM mampu menjadi salah satu motor penggerak ekonomi nasional. Sehingga dengan UMKM yang kuat dapat melindungi Indonesia dari ancaman krisis dan resesi.

“Ya mudah-mudahan dengan adanya UMKM-UMKM yang kuat akan menjadi penopang pilar ekonomi Indonesia agar tidak terkena krisis dan resesi,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM