Sukses

PDIP Akui Sudah Beri Pandangan ke Jokowi soal Reshuffle Kabinet

Sebelumnya, beredar kabar jika Presiden Joko Widodo akan kembali melakukan reshuffle kabinet. Kemungkinan tersebut memang disampaikan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, reshuffle menteri di kabinet Indonesia Maju harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan efektivitas. Sehingga dapat mendorong legacy Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal ini disampaikan Hasto ditemui usai menghadiri acara makan bareng PDIP bersama 10.000 warga DKI Jakarta di Jalan Baladewa, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2023).

"Reshuffle tentu saja harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang dengan memperhatikan efektivitas kabinet indonesia maju juga mendorong peningkatan legasi dari Presiden Jokowi," kata Hasto.

Oleh sebab itu, Hasto mengungkapkan bahwa partainya telah memberikan pandangan-pandangan kepada Jokowi soal reshuffle di kabinet Indonesia Maju. Kendati demikian, Hasto mengatakan bahwa partainya menyerahkan sepenuhnya keputusan reshuffle kabinet kepada Jokowi.

"Sehingga kami sudah memberikan pandangan-pandangannya dan hibah Pak Jokowi nantinya untuk mengambil keputusan," kata dia.

Sebelumnya, beredar kabar jika Presiden Joko Widodo akan kembali melakukan reshuffle kabinet. Kemungkinan tersebut memang disampaikan Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Reshuffle Kabinet Dilakukan?

Meski demikian, dia tak berbicara kapan reshuffle kabinet akan dilakukan. Kendati tak memberikan kepastian, Jokowi mengatakan reshuffle bisa saja dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

"Besok. Ya besok, bisa Jumat, bisa Senin, bisa Selasa, bisa Rabu," kata Jokowi kepada wartawan di Kota Dumai Provinsi Riau, Kamis 5 Januari 2023.

Jokowi tak menjawab berapa menteri yang akan di-reshuffle. Namun, dari kabar beredar hari ini bahwa Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengundurkan diri dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Kabar ini pun telah dibantah langsung oleh Johnny Plate. Dia menegaskan hingga kini masih menjadi anggota kabinet dan menjalankan tugas sebagai Menkominfo.

Meski begitu, kata dia, membentuk dan mengganti anggota kabinet adalah hak prerogatif Presiden Jokowi.

3 dari 3 halaman

Jawab Jokowi Saat Kembali Ditanya soal Reshuffle Kabinet

Sebelumnya, Presiden kembali ditanya awak media terkait reshuffle kabinet, usai menyaksikan laga antara Indonesia melawan Vietnam dalam lanjutan Piala AFF 2022.

Mendengar pertanyaan tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih mengelak dan tidak memberi jawaban konkrit.

"Saya (sedang) enggak mikirin apa pun (soal reshuffle)," jelas Jokowi di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Dia mengaku, kedatangannya ke GBK murni untuk menonton pertandingan sepak bola. Dan hanya memikirkan tentang pertandingan yang berakhir tanpa gol tersebut.

"Saya mikirin olahraga bola," kata Jokowi.

Adapun, sebelumnya, di Stasiun Manggarai, dirinya mendengar suara publik tentang perombakan kabinet.

Kendati saat ditanya waktu di kesempatan lainnya, mantan Wali Kota Solo ini meminta publik menunggu.

"Tunggu saja," singkat Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

  • PDIP