Sukses

Jokowi Pasang Bleketepe Awali Prosesi Siraman Kaesang

Liputan6.com, Solo - Prosesi pernikahan Kaesang-Erina di kediaman Presiden Jokowi, Sumber, Solo berlanjut pada Jumat (9/12/2022) setelah sebelumnya digelar pengajian pada Kamis (8/12/2022). Pada Jumat ini, prosesi adat pernikahan adalah pemasangan bleketepe dan siraman.

Jokowi dan Iriana tampak keluar dari kediaman pribadinya untuk pemasangan bleketepe untuk melengkapi tuwuhan sekitar pukul 08.00 WIB. Presiden Jokowi terlihat mengenakan beskap berwarna pink fushia. Bawahan jarik kemudian mengenakan blankon dan selop hitam.

Ibu negara tampak ayu dengan pesona wanita Jawa. Iriana mengenakan kebaya kutu baru perpaduan warna hijau dan pink fushia, sedangkan rambutnya disanggul.

Sebelum siraman, pemasangan bleketepe dilakukan oleh Presiden Jokowi dengan menaiki tangga. Pemasangan bleketepe yang terbuat dari anyaman daun kelapa dipasang di atas pintu masuk rumah. Prosesi adata dilanjutkan dengan membuka brongsong tuwuhan pisang raja yang dilengkapi dengan cengkir gading, dan janur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Prosesi Siraman

Selesai pemasangan bleketepe, Jokowi dan Iriana langsung ke rumah untuk melanjutkan prosesi siraman. Sesuai dengan tatanannya, sebelum prosesi calon mempelai pria Kaesang Pangarep melakukan prosesi sungkeman kepada kedua orangtua untuk meminta doa restu.

Sejumlah tamu undangan tampak hadir dalam prosesi ritual siraman.

Selain keluarga Presiden Jokowi dan kerabat, sejumlah menteri ikut menghadiri siraman di antaranya Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudy, Menteri Pertahanan Mahfud MD dan lainnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS