Sukses

Jokowi Absen Ikut Pengajian Jelang Pernikahan Kaesang

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Joko Widodo (Jokowi) menggelar pengajian menjelang pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono. Pengajian dilaksanakan di kediaman pribadi Presiden Jokowi, Banjarsari, Solo.

Pengajian dimulai sekitar pikul 15.45 WIB. Selain calon mempelai pria, Kaesang Pangarep, seluruh anggota keluarga Presiden Jokowi tampak hadir, yakni Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Kahiyan Ayu dan Bobby Nasution.

Bahkan, semua cucu Presiden Jokowi ikut hadir dalam pengajian, mulai dari Jan Ethes Sri Narendra, La Lembah Manah, Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution dan Panembahan Al Saud Nasution.

Saat acara pengajian tersebut dimulai, Presiden Jokowi tidak tampak hadir. Mantan Wali Kota Solo itu masih dalam perjalanan dari Jakarta usai meninjau daerah terdampak gempa di Cianjur.

Pengajian tersebut juga dihadiri adik kandung Presiden Jokowi, Idayati bersama dengan suaminya, Ketua Mahkamah Konstituti (MK) Anwar Usman. Pasangan ini baru menikah pada Mei 2022 lalu. Kehadiran Ketua MK itu tampak dari keberadaan mobil Alphard dengan plat nomor RI 9.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tamu dari Pesantren

Selain diikuti keluarga dekat dan kerabat, keluarga Presiden Jokowi turut mengundang sejumlah tamu dari pondok pesantren. Para tamu yang hadir dalam pengajian itu tampak khusyuk membaca surah Yasin, ayar Kursi hingga tahlil.

"Tadi (membaca) surah Yasin, lalu surah Al-Ikhlas, An-Nas, lalu ditutup ayat kursi tujuh kali dan tahlil," ujar Ahmad Suparno, Ketua Pengajian Turi Sari yang turut hadir dalam pengajian tersebut di rumah pribadi Presiden Jokowi, Kamis (8/12/2022).

Dia pun berharap dengan digelarnya pengajian tersebut, kedua calon mempelai bisa menjadi pasangan yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Dalam kesempatan itu, ia juga mendoakan agar kedua mempelai dikarunai keturunan yang saleh.

3 dari 3 halaman

Pengajian di Rumah Erina

Sebelumnya, pengajian juga digelar di rumah calon mempelai wanita, Erina Gudono, di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam acara pengajian tersebut digelar semaan dan khataman 30 juz Al-Qur'an.

Dalam pengajian tersebut juga disiapkan air yang akan digunakan dalam prosesi siraman besok. Pihak keluarga berharap dengan pengajian tersebut seluruh rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bisa berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS