Sukses

Erick Thohir Dianggap Beri Ruang Lebih untuk Kaum Perempuan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir dianggap memberi ruang untuk perempuan. Misalnya di dalam kementeriannya yang kini diberi porsi lebih.

"Pak Erick memberi ruang kepada perempuan Indonesia untuk menghasilkan karya dan memberi kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia. layaklah beliau menjadi pemimpin yang diperhitungkan rakyat Indonesia," kata Ketua Gerakan Perempuan Muda Sulut, Wedayanti Harianto, dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Selain itu, program UMKM BUMN Go Online memberi ruang bagi siapapun, termasuk kaum perempuan ikut mengambil andil dalam menggerakan ekonomi nasional.

"Banyak karyawan perempuan yang harus di PHK bahkan berhenti dari pekerjaan, tidak hanya itu para perempuan yang berkeluarga didapati suami yang harus berhenti atau di PHK dari pekerjaannya. Tetapi dengan adanya program UMKM ini, mampu menolong perekonomian masyarakat Indonesia," jelas Wedayanti.

Menurutnya, program UMKM ini bisa dianggap program jitu untuk menolong siapapun, termasuk kaum perempuan.

"Di tengah goncangan dan terpuruknya perekonomian karena pandemi maka UMKM dan peran perempuan di dalamnya mampu menghidupi dan mampu membantu pemulihan ekonomi keluarga. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan pentingnya peran perempuan dalam pembangunan perekonomian di Indonesia, khususnya di sektor," jelas Wedayanti.

Karena itu, dia mengingatkan, pemberdayaan kaum perempuan dalam pengembangan UMKM adalah strategi dalam mendukung usaha.

"Tetapi juga UMKM ini menjadi kendaraan yang membantu para perempuan Indonesia untuk melaju, bangkit berkarya dan menghasilkan sesuatu bagi dirinya, keluarganya dan bangsa Indonesia dalam melawan keterpurukan ekonomi," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Perempuan Adalah Inti Sari Kehidupan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir menyebut, perempuan sebagai inti sari kehidupan termasuk perannya dalam kepemimpinan di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Erick dalam Seminar Nasional dan Temu Tokoh Perempuan yang dihelat Wanita Persatuan Pembangunan di Kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (31/10/2022).

Dalam kesempatan ini, Erick menyampaikan materi dengan tema optimalisasi peta jalan gerakan politik perempuan menuju sukses Pemilu 2024, suksesi Bacaleg perempuan jelang Pemilu 2024.

"Perempuan itu adalah inti sari berbagai kehidupan karena tidak hanya membantu suami yang mencari nafkah tetapi mendidik anak-anaknya berakhlak baik. Dan itulah lahirnya pemimpin pemimpin masa depan atau pun pengusaha masa depan atau pun siapapun untuk masa depan Indonesia," kata Erick.

"Konteksnya apa hubungannya dengan hari ini, sama saya sebagai Menteri BUMN sejak lama meyakini bahwa terlepas daripada tentu BUMN ini sangat terkoperasi harus sehat ya," lanjut dia.

Erick menyampaikan selama menjabat sebagai Menteri BUMN dia mengklaim telah memberikan porsi yang sangat besar kepada perempuan untuk dapat terlibat dalam kepemimpinan.

"Kita memberi peran besar kepada kepemimpinan wanita. Waktu saya masuk kepemimpinan wanita di BUMN itu kurang lebih hanya 5 persen, tidak cukup," kata dia.

Erick menyebut bahwa kepemimpinan wanita menjadi salah satunya unsur yang dapat perubahan. Menurut Erick pada 2022 ini kepemimpinan perempuan sudah mencapai angka 18 persen.

"Karena itu kita dorong keberpihakan kepemimpinan wanita itu sampai 25 persen. Dan Alhamdullilah di 2022 ini kurang lebih sudah 18 persen," jelas dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS