Sukses

Erick Thohir Dinilai Paling Potensial Raih Tiket Cawapres dari PAN

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Studi Politik dan Demokrasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Ari Ganjar Herdiansyah menyampaikan Erick Thohir mempunyai beberapa keunggulan yang bisa menjadi modal kuat dalam menghadapi pertarungan elektoral Pilpres. 

Selain memiliki rekam jejak pengusaha sukses dalam dan luar negeri, Erick Thohir juga berhasil menunjukkan kinerja cemerlang selama memimpin Kementerian BUMN. Kondisi itu tentu menjadi pusat perhatian bagi publik.

"Di KIB, saya kira Pak Erick Thohir itu punya peluang,” ujar Ari saat dihubungi, Selasa, 6 Desember 2022.

Ari melihat Erick Thohir merupakan figur yang punya kompetensi kepemimpinan yang sangat mumpuni. Hal itu ditambah dengan latar belakang Erick Thohir yang tidak memiliki keterikatan dengan partai politik (parpol) manapun. 

Hadirnya berbagai modal tersebut, menurut dia, Erick Thohir tinggal meyakinkan para pemilik partai politik (parpol) pengusung Pilpres 2024. Terutama untuk menjadikannya sebagai wakil presiden selanjutnya.  

"Karena beliau tokoh dari non parpol yang selama bisa meyakinkan atau mendapatkan tiket dari masing-masing (parpol)," terang Ari.

Lebih jauh, Erick Thohir juga disebut sebagai sosok yang tepat dan lebih unggul dari kandidat lainnya. Sosoknya yang terbuka mampu menyedot dukungan dari berbagai kalangan masyarakat.

"Positioning Erick Thohir lebih kuat dalam cawapres ketimbang dengan Ridwan Kamil," tandas Ari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Dilirik KNPI

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) memasukkan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai salah satu calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Hal terungkap dalam Rapat Pleno IV DPP KNPI tentang Cawapres. Ketua Organisasi DPP KNPI Choir Syaripudin mengatakan, masuknya nama Erick dipengaruhi beberapa faktor.

Pertama, Erick dinilai berkinerja baik saat memimpin Kementerian BUMN.

"Pak Erick Thohir juga memiliki kompetensi mumpuni sebagai seorang pemimpin. Sehingga, hal itu menjadi faktor keunggulan Erick Thohir yang tidak dimiliki oleh figur lainnya," kata Choir, Selasa (6/12/2022).

Selain itu, lanjut dia, Erick juga disukai milenial. Sebab, menempatkan talenta muda berbakat di BUMN mengisi pos-pos strategis di perusahaan negara.

"Pak Erick Thohir banyak mendorong pemimpin-pemimpin muda masuk dalam direksi di berbagai perusahaan BUMN. Ini cocok sekali dengan KNPI sebagai basis wadah keberhimpunan organisasi kepemudaan," kata Choir.

Oleh karena itu, Choir menilai, Erick akan mendapatkan dukungan dari kelompok milenial, pemilih pemula, pada Pemilu 2024.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS