Sukses

Elektabilitas Anies Salip Prabowo, Gerindra: Baru Pemanasan, yang Lain Sudah Lari Kencang

Liputan6.com, Jakarta - Survei Indikator politik menyatakan elektabilitas bakal calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan menyalip Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Bahkan, gap presentasenya hampir 10 persen.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara (Jubir) Partai Gerindea Andre Rosiade menilai elektabilitas Prabowo disalip karena saat ini Prabowo tengah fokus menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Belum menyapa masyarakat secara langsung seperti Anies Baswedan.

"Pak Prabowo saat ini masih fokus bekerja menyelesaikan amanah beliau sebagai Menhan, jadi Pak Prabowo masih fokus bekerja untuk menuntaskan amanah sebagai Menhan itu yang dikerjakan oleh Pak Prabowo saat ini," kata Andre, saat diwawancarai di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/12).

"Mungkin berbeda dengan capres lain dalam setahun terakhir ini sudah sibuk bergerilya dari berbagai wilayah keliling Indonesia," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bakal Kembali Unggul

Dia meyakini, jika Prabowo sudah mulai menyapa masyarakat secara langsung, elektabilitasnya akan kembali unggul dibanding dengan capres lainnya.

"Insyallah waktunya setelah momentumnya pas tentu insyallah Pak Prabowo akan kembali berkeliling menyapa masyarakat secara langsung, sehingga dalam arti kata yang lain sudah lari kencang, Pak Prabowo baru pemanasan yang lain kan sudah keliling Indonesia satu tahun ini sudah lari kencang udah gigi 4 gigi 5 sedangkan Pak Prabowo baru menghidupkan mesin mobil," ujarnya.

Sehingga, jika waktunya nanti Prabowo menyapa masyarakat secara langsung, tak hanya elektabilitas yang bakal meroket, namun juga dipastikan bakal menjadi presiden di 2024.

"Kami optimis insyallah setelah Pak Prabowo turun kelapangan menyapa masyarakat insyallah Pak Prabowo akan menjadi presiden 2024," imbuh Andre.

3 dari 3 halaman

Survei

Berdasarkan, Survei Indikator Politik Indonesia merekam, tren elektabilitas Anies unggul jauh dari Ketum Partai Gerindra tersebut. Gap suara dalam survei yang terekam hampir 10 persen.

Indikator membuat simulasi tertutup terhadap tiga nama calon presiden yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Tiga nama yang biasa keluar menjadi tiga besar Capres pilihan masyarakat versi sejumlah lembaga survei.

Hasilnya, Ganjar mendapatkan dukungan publik tertinggi dengan 33,9 persen, Anies 32,2 persen, dan Prabowo Subianto 23,9 persen.

"Memang terlihat Pak Prabowo masih sangat dominan saat awal 2022, tapi sejak memasuki tahun 2022 tren Prabowo turun, bahkan di survei terakhir disalip oleh Pak Anies Baswedan," kata Burhan dalam rilis surveinya secara virtual, Kamis (1/12).

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS