Sukses

PAN: Komitmen Erick Thohir Terhadap Masyarakat Lemah Tak Diragukan Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai oleh Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi sebagai pemimpin yang berkomitmen kepada umat Islam di Indonesia. Terbukti selama mengemban amanah sebagai orang nomor satu di Kementerian BUMN, Erick Thohir banyak berkontribusi memajukan peradaban Islam di Indonesia.

"Komitmen Pak Erick Thohir terhadap umat dan masyarakat ekonomi lemah tidak diragukan lagi," tutur Viva Yoga kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini mengatakan berkat Erick Thohir, Indonesia memiliki Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI dapat berdiri berkat gagasan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut menyatukan bank-bank syariah milik negara.

Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir kemudian menggagas banyak program agar kemaslahatan umat Islam di Indonesia meningkat. Program-program ini di antaranya adalah Santripreneur, Pesantrenpreneur, Beasiswa Santri, Santri Magang di BUMN dan Pertashop khusus Pesantren.

Selain itu, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut juga berkontribusi mendirikan 250 Badan Usaha Milik NU (BUMNU) yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini adalah hasil kerja sama antara Kementerian BUMN dan NU untuk mewujudkan kemandirian umat Islam di Indonesia.

Di samping itu, Erick Thohir juga mengemban amanah dari Wapres KH Ma'ruf Amin sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Sebagai Ketum MES, ia mengekspor biji kopi ke negara lain yakni Oman dan Mesir.

Ekspor rempah juga dilakukan Erick Thohir bersama MES ke negara Ghana. Di dalam negeri terdapat UMKM binaan MES untuk mengembangkan industri halal Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Berkomitmen untuk Umat

Maka dari itu, Viva Yoga menyatakan Erick Thohir adalah pemimpin yang berkomitmen untuk umat Islam di Indonesia.

"Pendirian bank Syariah, masyarakat ekonomi syariah adalah beberapa hal yang melekat di diri Pak Erick Thohir," pungkas Viva Yoga.

Di kesempatan berbeda, kepedulian Erick Thohir kepada umat diakui ulama Jawa Barat, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Dia menilai Erick Thohir sejak awal memiliki niat yang sangat tulus menerima mandat sebagai menteri. Sampai sekarang ini Erick Thohir selalu mengutamakan kepentingan banyak orang ketimbang keperluan pribadi maupun golongan.

“Allah sudah mencukupi dunianya. Sehingga tidak ragu beliau mementingkan dunia tidak untuk kepentingan pribadinya,” terangnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS