Sukses

LAN RI Optimistis Program ASN Berpijar Dorong Kompetensi Global

Aparatur Sipil Negara (ASN) dinilai harus progresif, inovatif, dan solutif saat menghadapi tantangan global.

Liputan6.com, Jakarta - Aparatur Sipil Negara (ASN) dinilai harus progresif, inovatif, dan solutif saat menghadapi tantangan global. Mengamini hal itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), M. Taufiq, mengatakan, tantangan global di sektor publik di Indonesia tengah mengalami fenomena transisi demografi.

“Optimalisasi peran talenta Aparatur Sipil Negara (ASN) muda menjadi kunci pembangunan bangsa dan pemecahan tantangan masa depan,” kata Taufiq dalam acara Townhall Muda yang merupakan rangkaian program ASN Berpijar, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (8/12/2022).

Taufiq berharap, rangkaian program ASN Berpijar melalui Townhall Muda bisa menjadi ruang berbagi dan berkolaborasi antar ASN agar semakin lincah dan semangat melalui program kolaborasi bersama Pijar melelalu Tagar #IniGiliranKita.

“Sedianya ini menjadi semangat bagi kita semua untuk melayani masyarakat dengan berbagai inovasi dan prestasi, dan akhirnya, melayani dengan lebih baik lagi,” harap Taufiq. Senada dengan itu, Direktur Eksekutif Pijar Foundation, Ferro Ferizka berharap agar Townhall Muda dapat mengkatalisis kolaborasi dan perubahan yang lebih masif di lingkup pelayanan publik.

“Sesuai dengan semangat gotong royong, collaborative governance adalah kunci pemecahan tantangan-tantangan kompleks. Pijar Foundation berharap bahwa para ASN inovatif ini dapat saling berjejaring dan berkolaborasi, menuju pelayanan publik yang lebih lincah, efisien, dan efektif," tutur Ferro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Acara Diisi Oleh Pembicara Inspiratif

Sebagai informasi, pembicara inspiratif pertama dalam acara Townhall Muda adalah Asisten Menteri Sekretariat Negara sekaligus Co-Founder Setneg-X Ayodha Pramudita. Diketahui, Setneg-X merupakan rangkaian kegiatan akselerasi dan inkubasi ide-ide pegawai Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yang dapat menjembatani lahirnya produk inovasi serta talenta inovator di Kemensetneg.

Selain inovasi, program ini mengedepankan kolaborasi dan merdeka belajar berkelanjutan. Kemudian, turut menjadi pembicara inspiratif adalah Analis Sumber Sejarah Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan sekaligus AbdiMuda Indonesia Usman Manoor.

AbdiMuda adalah inisiatif Usman dan kawan-kawan ASN muda lainnya untuk menjadi wadah kontribusi bagi ASN muda yang ingin mendorong perubahan pola pikir dan kualitas pelayanan publik.

Menjadi Pembicara inspiratif terakhir adalah Penasihat Menteri Penanaman Modal/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Inisiator Komunitas PNS Muda Jakarta, Dimas Muhamad. Area-area inovasi yang ditunjukkan ketiga tokoh tersebut mencakup pengembangan talenta ASN, jejaring antar ASN, dan tata kelola kolaboratif antar sektor publik, privat, dan komunitas (collaborative governance).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.