Sukses

Anies Baswedan Ajak Masyarakat Aceh Songsong Perubahan dan Tata Rasa Jelang 2024

Liputan6.com, Jakarta Bakal Calon Presiden Indonesia dari Partai NasDem Anies Baswedan menyapa ribuan warga Aceh di lapangan terbuka kawasan Pango, Kota Banda Aceh. Pada kesempatan itu, dia mengajak masyarakat Aceh untuk menyongsong perubahan yang lebih baik pada 2024.

"Kita harus ikhtiarkan bersama pada tahun 2024 akan terjadi kesempatan untuk melakukan perubahan," kata Anies Baswedan di Banda Aceh, Sabtu 3 Desember 2022 seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan Aceh memiliki catatan gemilang tentang perjuangan rakyat. Bukan hanya menggulung kolonialisme, melainkan perjuangan untuk menggelar keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Aceh, lanjut dia, merupakan sebuah negeri yang memiliki perjalanan panjang, perannya bukan hanya pada tingkat nusantara, melainkan di level dunia. Oleh karena itu, Aceh harus kembali memiliki peran yang besar di kemudian hari.

"Kami ingin ajak semua, mari berjuang bersama demi hadirnya rasa keadilan bagi semuanya, siap kerja bahu-membahu, saling dukung," ujar Anies.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak masyarakat Aceh untuk menjadi bagian yang mempersatukan, bukan sebagai pemecah belah. Menjangkau semuanya guna menyampaikan pandangan dan pesan positif.

"Bila menghadapi kondisi yang tidak nyaman, berikan senyum, tunjukkan ini rombongan orang-orang berakhlak mulia, orang-orang yang membawa keteduhan," ujar Anie.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajak masyarakat Aceh untuk menata rasa dari sekarang. Hal ini diperlukan untuk bersiap menyampaikan pesan positif dan bersabar melakukannya.

"Kami yakin dari Aceh keberhasilan ini akan menular ke tempat-tempat lain di seluruh Indonesia. Saya ingin mengajak, jangkau tetangga, keluarga, kolega, dan ajak semuanya," kata Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kaus Curi Perhatian

Bakal Calon Presiden (Capres) yang diusung Partai NasDem Anies Baswedan membagikan momen saat berada di salah satu kedai kopi di sela-sela kunjungannya di Aceh.

Anies terlihat mengenakan kaus berwarna hitam yang dibubuhi tulisan 'Keliling Indonesia Itu Berat, Biar Aku Aja' di bagian dada.

Momen ini Anies bagikan di Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Sabtu (3/12/2022). Tampak Anies tersenyum bahagia saat diajak foto bersama dengan warga yang juga hadir di sana.

Diketahui, Anies ke kedai kopi sambil nonton bareng Piala Dunia 2022 bersama masyarakat setempat.

Pada postingannya, Anies juga bercerita mengenai minum kopi yang sudah jadi budaya bagi masyarakat Aceh. Dia juga menjelaskan terkait keberadaan kedai kopi yang kini dimanfaatkan warga sebagai ruang ketiga.

"Minum kopi telah menjadi budaya di Aceh. Serambi Mekah ini juga dijuluki negeri seribu kedai kopi. Kedai kopi telah menjadi ruang ketiga bagi masyarakat Aceh," kata Anies.

Pada postingannya, Anies juga mengutip kalimat dari Pahlawan Nasional Aceh Teuku Umar dalam bahasa Aceh yang berbunnyi Beungoh singoh geutanyoe jep kupi di keude Meulaboh atawa ulon akan syahid yang mempunyai arti besok pagi kita akan minum kopi di kota Meulaboh atau aku akan syahid.

Anies menerangkan baik siang maupun malam, berbagai lapisan masyarakat Aceh mengisi kedai-kedai kopi di desa dan di kota untuk sekedar bersantai menikmati kopi.

3 dari 3 halaman

Lanjut Sumbar

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, menyatakan bahwa Bakal Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan bakal bertolak ke Sumatera Barat (Sumbar) pada 3-4 Desember 2022.

Anies akan ke Sumbar usai safari politiknya di Aceh hari ini, Jumat (2/12/2022) tuntas.

"Iya lanjut ke Sumbar, dari Sumbar lanjut ke Riau," kata Willy kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi, dikutip Jumat (2/12/2022).

"Di Aceh sampai tanggal 3. Kemudian kita terbang ke Padang. Habis itu acara di Padang Panjang dan Kota Padang," lanjut dia.

Anies diagendakan berkunjung ke Pondok Pesantren Diniyyah Puteri di Padang Panjang yang usianya hampir menyentuh angka satu abad. Dia juga dijadwalkan bertemu masyarakat pendukung di Sumbar.

"100 tahun Diniyyah Puteri, habis itu bertemu dengan masyarakat, nonton bola bareng, habis itu besoknya jalan sehat di Kota Padang dan ke media, dan Baiturrahmah (masjid)," jelas dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS