Sukses

Erick Thohir Dinilai Dapat Dukungan Jokowi di Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Usep S Achyar menilai Menteri BUMN Erick Thohir dinilai oleh telah mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Achyar melihat orang nomor satu di Indonesia tersebut membutuhkan Erick Thohir untuk meneruskan kerja-kerja yang belum terselesaikan.

“Dari posisi apapun Pak Erick Thohir mendapatkan dukungan Pak Jokowi sebagai cawapres maupun capres jika elektabilitasnya tinggi. Pak Erick Thohir bisa meneruskan legacy di 2024 nanti,” tutur Direktur Riset Populi Center tersebut.

Seperti diketahui, Erick Thohir menjadi pemimpin yang menjadi andalan dan kepercayaan dari Presiden Jokowi. Kedekatan keduanya bahkan tidak lagi sebatas profesional tapi juga hingga personal. 

Terbukti, Erick Thohir ditunjuk oleh Presiden Jokowi menjadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep sekaligus Pesta Rakyat Kota Solo. Di bidang kerja profesional Eks Presiden Inter Milan tersebut terbukti berhasil menyelesaikan berabagi penugasan strategis.

Di antaranya adalah penanggulangan pandemi Covid-19 dengan mendatangkan ratusan juta vaksin dari berbagai negara, dan memproduksi vaksin sendiri bersama Bio Farma yakni IndoVac. Untuk pemulihan ekonomi nasional Erick Thohir juga berhasil mendorong program KUR, Mekaar dan Makmur untuk masyarakat.

Program-program tersebut memberikan bantuan pendanaan dan pendampingan untuk UMKM masyarakat termasuk di bidang pertanian. Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir berhasil membenahi Kementerian BUMN jadi lebih baik dari sebelumnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Laba BUMN

Erick Thohir berhasil meningkatkan laba Kementerian BUMN dari Rp 13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp 124 triliun pada tahun 2021. Ia juga berhasil membersihkan Kementerian BUMN dari oknum-oknum koruptor seperti kasus Asabri, Jiwasraya dan Garuda Indonesia.

Maka dari itu, Achyar melihat Presiden Jokowi membutuhkan Erick Thohir untuk menjadi penerusnya di pemerintahan Indonesia karena sudah terbukti bekerja nyata kepada negara dan masyarakat. 

"Kedekatan hubungan yang dimiliki oleh Pak Jokowi dan Pak Erick Thohir sudah terbangun sejak lama, tidak hanya dekat secara profesional namun juga personal. Pak Erick Thohir juga terus mendukung program-program Pak Jokowi, karena itu juga beliau terus dimajukan,” pungkas Achyar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.
    Erick Thohir