Sukses

Tak Henti Terima Dukungan, Bukti Kinerja Erick Thohir Berdampak Nyata untuk Rakyat

Liputan6.com, Jakarta - Dorongan besar masyarakat terus hadir untuk Menteri BUMN Erick Thohir maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024. Erick Thohir menjadi figur menteri yang konsisten hadirkan kinerja terbaik untuk masyarakat.

Pengamat Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang Leo Agustino mengatakan kinerja moncer Erick Thohir selama memimpin Kementerian BUMN mempunyai peranan besar. Lantaran hal itu membuat penilaian publik terhadap Erick Thohir semakin positif.

Belum lagi langkah berani Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu yang berhasil mengungkap dua kasus mega korupsi di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT ASABRI (Persero)yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp 39,58 triliun turut menjadi sorotan publik.

"Kita tahu beliau punya kapasitas selama menduduki jabatan Menteri BUMN," ucap Leo.

Lebih lanjut dia juga menyebut terdapat beberapa faktor pendukung yang membuat banyak masyarakat menginginkan Erick Thohir menjadi cawapres pada Pilpres mendatang. Dirinya memandang bahwa Erick Thohir mampu membangun komunikasi baik dengan masyarakat.

"Ada beberapa variabel sebetulnya yang kemudian mempengaruhi terhadap pilihan publik terhadap beliau (Erick Thohir)," kata Leo.

Lebih jauh dia melihat Erick Thohir konsisten mengutamakan kepentingan rakyat dalam setiap kebijakan yang diluncurkan BUMN. Sehingga dampak positif yang dirasakan begitu terasa baik dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

"Padahal Menteri BUMN itu sangat mungkin dipolitisir sebetulnya. Tetapi beliau berusaha untuk tidak tergerak ke kiri dan ke kanan," jelas Leo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Berpihak Kemajuan Generasi Muda

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai sebagai sosok pemimpin yang berpihak terhadap kemajuan generasi muda. Hal ini terlihat dari sejumlah program yang digagas Erick Thohir mendukung pengembangan anak muda.

"Pak Erick Thohir sangat pro terhadap kemajuan generasi muda saat ini, beliau pemimpin yang luar biasa," kata Koordinator BEM se-Solo Raya, Hanif Prabowo seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (26/11/2022).

Dia menilai, Erick Thohir memiliki langkah progresif dengan berani mendatangi kampus-kampus untuk menyerap aspirasi kelompok muda. Menurut Hanif, hal seperti ini jarang dilakukan oleh menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf lainnya.

Menurut dia, penting bagi para petinggi negara untuk menyerap aspirasi dari generasi muda yang ada di kampus-kampus.

"Pak Erick Thohir pemimpin yang peduli terhadap generasi muda. Karenanya beliau sering turun ke kampus untuk memberikan edukasi dan pembekalan agar kita generasi muda menjadi lebih maju ke depannya," ujar Hanif.

Tak hanya sering turun ke kampus, Erick Thohir juga memiliki program khusus agar generasi muda memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh Indonesia di masa depan.

Program-program tersebut di antaranya adalah Magang Bersertifikat BUMN, Beasiswa BUMN, pendanaan dan pendampingan startup seperti BRI Ventures, serta Merah Putih Fund.

"Pak Erick Thohir juga memiliki program-program konkret buat generasi muda terutama di bidang startup," ucap Hanif memungkasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS