Sukses

Tim Gabungan Kembali Distribusikan Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Cianjur

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Kabupaten Cianjur kembali mendistribusikan bantuan logistik untuk warga terdampak gempa bumi Cianjur, Minggu (27/11/2022). Bantuan dibagikan ke dua kecamatan terdampak, yaitu Kecamatan Gekbrong dan Mande.

Koordinator Tim Penerima Logistik Pemerintah Kabupaten Cianjur Ruby, mengatakan saat ini distribusi logistik sesuai dengan permohonan dari kecamatan terdampak gempa.

"Permohonan dari kecamatan lebih dulu diverifikasi oleh tim logistik di posko utama pendopo bupati, kemudian kami cek di gudang dan distribusikan sesuai kebutuhan yang diajukan," jelas Rubi dikutip dari siaran pers BNPB, Minggu (27/11/2022).

Kendati begitu, dia mengatakan proses pendistribusian juga bersifat fleksibel. Ruby menuturkan apabila ada bantuan yang bersifat urgent, maka pihaknya akan langsung mendata dan menyalurkan ke lokasi terkait.

"Tetapi kami juga fleksibel dalam kondisi urgent, jika ada permohonan mendesak dan segera harus dikirimkan, kami langsung data dan kirimkan ke lokasi," ujarnya.

Ruby turut mengapresiasi dukungan BNPB dalam membantu mobilisasi bantuan logistik ke kecamatan terdampak. Pasalnya, pada hari-hari pertama pasca gempa Cianjur, proses pendistribusian bantuan cukup sulit.

"Pada hari pertama sampai ketiga pascagempa cukup sulit untuk disalurkan ke kecamatan, namun saat ini distribusi bantuan didukung oleh mobil _pick up_ dan truk dari BNPB," jelas Ruby.

"Proses distribusi sampai ke kecamatan sudah jauh lebih baik," sambung dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Daftar Bantuan Logistik

Adapun bantuan untuk Kecamatan Gekbrong, telah terdistribusi selimut 200 buah, ember plastik 200, gayung plastik 200, tikar 200, beras 200 pak. Kemudian, gula pasir 200 pak, ikan kaleng 400 buah, dan minyak goreng 200 pak.

Sedangkan untuk Kecamatan Mande, telah terdistribusi tikae 62 buah, beras 500 kilogram, mi instan 50 dus, popok anak 25 dus, air mineral 40 galon, paket kebersihan 20 paket, pakaian 50 buah, pakaian dalam 20 lusin. Lalu, biskuit 7 dus, pembalut 5 dus, bumbu instan 10 dus, sarden 1 dus, selimut 1 karung, paket lauk 1 dus, paket baju wanita 2 karung.

Selain itu, logistik juga telah terdistribusi ke dapur umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur sebanyak mi instan 3 dus, selimut 2 dus, tikar 1 buah, air mineral 5 dus, dan sarung 2 buah.

3 dari 4 halaman

Mensos Risma Sisir Pengungsian Gempa Cianjur yang Sulit Terjangkau

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kembali mengunjungi lokasi gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Sabtu 26 November 2022. Dia menyisir penyintas gempa di titik-titik pengungsian yang jauh dari jangkauan.

Salah satunya yakni, pengungsian di Kampung Panyaweuyan, Desa Ciherang, Kecamatan Nagrek. Risma datang untuk memberi penguatan moril terhadap masyarakat, sekaligus menyerahkan bantuan tambahan berupa makanan siap santap, tenda keluarga, tenda serbaguna dan kasur.

"Saya sudah sampaikan bahwa kawan-kawan (Kemensos) yang bertugas di masing-masing titik untuk mendirikan posko tanggap darurat. Setelah itu segera masuk ke daerah pelosok," jelas Risma dikutip dari siaran persnya, Minggu (27/11/2022).

"Sisir semua wilayah yang masih berada dalam kawasan tersebut. Pastikan warga terbantu. Pastikan bantuan mereka terima," sambungnya.

Dalam kondisi hujan rintik dan dengan mengenakan jas hujan serta sepatu bot, Risma menyusuri persawahan yang licin dan berlumpur. Bahkan, dia tanpa ragu menjejak kemiringan tanah persawahan yang curam untuk memastikan beberapa pengungsian yang sulit terjangkau agar tetap dapat terpenuhi kebutuhannya.

"Memang kita harus jalan. Saya tugaskan sekarang seluruh (petugas) posko itu masuk ke dalam-dalam (kawasan yang sulit dijangkau) untuk mencari itu (korban terdampak gempa)," tegasnya.

Berdasarkan data yang tercatat, 280 Kepala Keluarga (KK) telah mengungsi di tenda-tenda terpal di Kampung Panyaweuyan. Untuk memudahkan pendistribusian makanan, Risma meminta bantuan makanan siap santap untuk korban gempa disimpan di area sekitar gerbang kampung.

Nantinya, kata dia, perwakilan dari masing-masing pengungsi datang ke lokasi tersebut untuk mengambil bantuan. Hal ini guna memudahkan dan mempercepat pendistribusian bantuan.

4 dari 4 halaman

Tambahan Tenda

Risma pun melanjutkan penyisiran lokasi pengungsian. Dia pun sempat menyapa dan berbincang dengan pengungsi yang ada di sana.

"Assalamualaikum, permisi ibu. Ibu-ibu butuh apa, nanti kami bawakan?" tanya Risma kepada pengungsi.

"Tenda yah?" ucap Risma kembali.

"Makasih ibu. Ibu, makasih!" teriak warga terdampak gempa Cianjur.

"Saya tambahkan 10 tenda biru, 5 tenda kecil, serta 60 kasur lipat yah," ujar Risma kembali.

"Makasih Bu," balas warga serempak.

Kepala Sentra Inten Soeweno M Oni Royani menjelaskan bahwa di luar tambahan tersebut, Kemensos telah memasang 8 tenda keluarga. Kemenos juga telah menyerahkan bantuan berupa peralatan dapur 67 set, food ware 67 set, kasur 90 buah, pembalut 30 dus besar.

"Malam ini secara bertahap akan kami tambahkan 4 unit tenda serbaguna. Dan saya pastikan malam ini juga sudah terpasang di titik-titik pengungsian," tutur Royani.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    cianjur
  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • BNPB adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
    BNPB
  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa Hari Ini
  • Gempa Terkini