Sukses

Atap Ruang Kelas SDN Bantarjati 9 Kota Bogor Ambruk

Atap ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarjati 9 Kota Bogor, Jawa Barat, ambruk, Jumat (25/11/2022) siang.

Liputan6.com, Bogor - Atap ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarjati 9 Kota Bogor, Jawa Barat, ambruk, Jumat (25/11/2022) siang.

Ptl Kepsek SDN Bantarjati 9 Suci Iriyani mengatakan ambruknya atap ruang kelas yang digunakan kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk kelas IC dan kelas IIC terjadi pukul 12.00 WIB.

"Awalnya plafonnya lebih dulu ambruk hari Sabtu kemarin. Siang tadi, giliran atapnya yang ambruk," kata Suci.

Menurutnya, atap ruang kelas tersebut ambruk karena penyangga bangunan yang terbuat dari material kayu sudah lapuk termakan usia.

"Kayunya sudah keropos. Ditambah lagi waktu awal kejadian plafon ambruk banyak genteng merosot. Karena air masuk kena kayu, bebannya makin berat jadi semua ambruk," terangnya.

Tidak ada korban dalam kejadian ini, karena area tersebut sudah dikosongkan dan dipasangi pita agar tidak ada yang beraktivitas di sekitar gedung itu.

"Tiga ruang kelas ini memang sudah dikosongkan dua bulan lalu karena satu ruangan yang sekarang ambruk sudah membahayakan," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera Diperbaiki

Setelah adanya kejadian ini, Dinas Pendidikan Kota Bogor akan mengusulkan agar bangunannya segera diperbaiki tahun depan.

"Informasinya sudah diusulkan oleh kepala sekolah sebelumnya. Dan pas tadi ambruk saya ajukan lagi supaya jadi prioritas perbaikan," ucapnya.

Kabid SD Disdik Kota Bogor Rudi Suryanto menjelaskan, tiga ruangan di sekolah itu memang sudah dua bulan tidak digunakan untuk belajar mengajar. Ini karena atapnya sudah rapuh. Terlebih ada satu ruangan yang dianggap paling parah sehingga rawan ambruk.

"Awalnya ruangan kelas IA dan IB masih dipakai belajar, tapi melihat kelas IC rawan ambruk semua ruangan dikosongkan. Dan ternyata benar ambruk," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Kegiatan Belajar

Menurutnya, kegiatan belajar siswa kelas I hingga III untuk sementara digelar secara bergiliran.

"Kegiatan belajar dibagi 3 shift. Kelas I sampai pukul 10.00 WIB, kelas II dari pukul 10.00-12.00 WIB, dan kelas III dari pukul 12.00-15.30 WIB," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.