Sukses

Mengais Harapan di Sisa Reruntuhan Gempa Cianjur

Liputan6.com, Jakarta Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November 2022 yang membuat ratusan orang meninggal dunia dan ribuan bangunan hancur porak poranda.

Tak ada yang menyangka kejadian ini termasuk pemilik toko bengkel kawasan Cugenang, Ahmad Jusuf. Tempat yang biasa dijadikannya untuk mengais rezeki telah rusak porak poranda akibat gempa Cianjur.

Meski demikian, dirinya masih berharap ada sejumlah barang yang dapat diselamatkan olehnya untuk bisa dijual kembali.

"Lagi ngais oli, kaya perabot bengkel gitu," ujar Jusuf saat ditemui merdeka.com di lokasi, Rabu (23/11/2022).

Sesaat sebelum kejadian, Jusuf tengah memperbaiki motor salah seorang pelanggannya. Layaknya pada hari-hari sebelumnya, hanya menunggu pelanggan namun baru bekerja bila ada yang memperbaiki.

"Pas gempa reflek aja saya keluar dari bengkel," ungkapnya.

Jusuf mengatakan tidak ada satupun barang yang berhasil diselamatkan pada saat kejadian berlangsung. Dirinya yang hanya bekerja seorang diri, sudah sangat bersyukur tidak ada satupun luka yang mengenainya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Akui Trauma

Meski selamat, Jusuf mengaku trauma akan kejadian yang dialami seluruh warga Cianjur.

Berselang dua hari pasca kejadian, Jusuf mencoba memberanikan diri untuk mencoba mengais-mengais barang yang sekiranya dapat diselamatkan.

"Ya takut, pasti, kita juga masi trauma," ungkap dia.

"Mumpung lagi senggang, dan barang-barang masih keliatan mankanya saya amanin," jelas sambil sesekali tetap tegar.

Dirinya juga masih berharap dapat kembali membuka usaha bengkelnya, sekaligus hanya hal tersebut yang menjadi penyambung ekonomi keluarganya.

"Insyaallah kalo ada rejekinya," kata Jusuf.

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    cianjur
  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa