Sukses

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Cianjur, Warga Bogor Rasakan Getaran Cukup Kuat

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/112022). Warga Bogor pun merasakan getaran gempa yang cukup kuat.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa magnitudo 5.6 terjadi pada pukul 13.21 WIB. Pusat gempa berada di darat 10 Km barat daya Kabupaten Cianjur.

"Tadi sempat terasa sangat keras, bahkan cukup lama," ucap Andri Novian (36) warga Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Senada juga diutarakan Wianah (57), warga Malabar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Ia mengungkapkan guncangan sangat terasa hingga membuat jam tempat tidur bergoyang.

"Baru rebahan di tempat tidur, tiba-tiba terasa kaya yang digoyang-goyang gitu, saya langsung bangun," kata Wianah.

Rifki Septian juga merasakan hal yang sama. Saat sedang mengerjakan tugas, kursinya bergoyang. Ia kemudian bergegas keluar dan kembali merasakan bumi bergoyang.

"Tahu terjadi gempa, saya keluar rumah. Pas berdiri terasa lagi ada guncangan. Sepertinya dua kali gitu," kata Rifki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Gempa Tak Timbulkan Tsunami

Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jabar, Senin (21/11/2022), pukul 13.21 WIB.

Badan Meteoroogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gemba berada di 6.84 LS,107.05 BT (10 km Barat Daya Kabupaten-Cainjur-Jabar) dengan kedalaman 10 km. 

BMKG menyebut gempa tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, BMKG mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa Hari Ini
  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).
    BMKG
  • Bogor adalah sebuah kota di Indonesia.
    Bogor adalah sebuah kota di Indonesia.
    Bogor
  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    cianjur
  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • Gempa Terkini