Sukses

Penguatan Ideologi Pancasila, Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Peranan ASN bagi Bangsa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan kepada seluruh ASN agar selalu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tugas pelayanan dan kehidupan bermasyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar selalu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tugas pelayanan dan kehidupan bermasyarakat. Dia pun mengingatkan peranan penting ASN bagi bangsa Indonesia.

"ASN memegang peranan penting sebagai pemersatu dan perekat bangsa. Demikian pula perannya dalam menghantarkan Indonesia menjadi bangsa yang maju serta tetap berkontribusi aktif di tengah tantangan global dan dinamikanya," tutur Ma'ruf di Kantor Gubernur Banten, Serang, Banten, Senin (14/11/2022).

Ma'ruf menyebut, ASN tidak hanya dituntut untuk berkompetensi secara teknis, manajerial, juga sosio-kultural, namun harus berintegritas dan berjiwa Pancasila. Nilai-nilai luhur Pancasila harus terinternalisasi pada jiwa, pola pikir, serta perilaku kinerja seluruh ASN.

"Upaya ini teramat penting karena pemerintah secara intens tengah mengelola berbagai agenda pembangunan nasional dan daerah dalam konteks pemulihan sosial ekonomi," jelas dia.

Menurut dia, birokrasi merupakan unsur penting dalam pembangunan nasional. Kemajuan bangsa tentunya membutuhkan dukungan penyelenggaraan pemerintahan yang profesional dan berkualitas.

"Meskipun paradigma birokrasi mengalami pergeseran dari waktu ke waktu, tetapi saya ingin tekankan bahwa roh utama dari birokrasi adalah melayani publik. Itu roh utamanya, melayani publik, melayani rakyat sesuai dengan tanggung jawabnya," ujar Ma'ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingatkan Doa Nabi

Ma'ruf lantas mengangkat sebuah hadis, bahwa Nabi pernah berdoa, 'Ya Allah, barang siapa yang diberi tanggung jawab untuk menangani urusan umatku, lalu ia mempersulit mereka, maka persulitlah hidupnya. Dan barang siapa yang diberi tanggung jawab untuk mengurusi umatku, lalu ia memudahkan urusan mereka, maka mudahkanlah hidupnya."

"Ini sudah didoakan oleh Nabi ini, jadi yang membuat mudah dimudahkan, yang membuat sulit disulitkan. Hadis ini menggambarkan makna penting birokrasi, khususnya bagi ASN, untuk melaksanakan amanat dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab, utamanya dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan berbagai urusan masyarakat," Ma'ruf menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.