Sukses

Surya Paloh soal Nasdem di Pemilu 2024: Tak Ada Tambahan Kursi Parlemen, Nahkodanya Out

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan perihal target kemenangan partainya di Pemilu 2024.

Dia menyebut, jika tidak ada tambahan kursi bagi NasDem di Palemen, maka dirinya siap mundur dari jabatan ketua umum.

"Ini tolong dicatat. Jangankan menurun atau tidak lolos parlementary threshold, tidak ada tambahan angka kursi parlemen satu pun itu artinya nahkoda yang berbicara ini sudah tidak layak lagi memimpin Nasdem," kata Surya saat diwawancarai di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

"Saya katakan, tidak ada tambahan kursi, itu artinya nahkodanya out. Sudah tidak waktunya lagi dia menjawab pertanyaan adinda wartawan," sambungnya.

Surya menyampaikan, sebagai nahkoda kapal di Partai NasDem, dia ingin mengoptimalkan kepemimpinannya dalam membawa partainya menuju kemenangan.

Meskipun, saat ini diberbagai lembaga survei Partai NasDem mengalami penurunan. Namun, Surya Paloh tidak menganggap hal itu luar biasa, malah dia menghargai hasil dari lembaga survei.

"Kalau sudah tahu elektabilitas kecil, ngapain harus dihitung. Anggap saja ini partai main-main. Enggak akan dapat apa-apa. PT juga enggak dapat," imbuh Surya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

NasDem Disebut Bisa Peroleh Keuntungan

Partai pimpinan Surya Paloh, NasDem disebut bisa mendulang keuntungan usai mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024, masih mencari teman koalisi.

Dalam proses ini bahkan pasca deklarasi, NasDem menuai pro kontra. Meski demikian, menurut pengamat politik Khoirul Rosyadi melihat hal tersebut biasa saja.

Menurutnya, ada keuntungan yang bisa ditarik NasDem. Pasalnya, mereka yang akan menginginkan perubahan bisa merapat ke pihaknya.

"Apa yang terjadi dengan NasDem hanyalah badai dalam secangkir kopi saja. Dalam pengamatan saya, Nasdem akan tetap stabil dan bahkan punya kans besar untuk meningkat di 2024," kata Khoirul dalam keterangannya, Senin (7/11/2022).

Meski ada pengunduran diri dari sejumlah kader, dia meyakini ada para pendukung Anies bisa bergabung ke NasDem. Dan ini perlu ditindaklanjuti oleh elite partai tersebut.

"Proses orang masuk ke organisasi memang tidak secepat orang keluar organisasi, karena itu NasDem perlu menjemput bola agar lebih efisien," kata dia.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS