Sukses

Heru Budi Hartono Awasi Pembuang Sampah Pakai Drone, Komisi D DPRD: Gebrakan Luar Biasa

Dengan adanya drone ini, diharapkan warga tak lagi membuang sampah ke bantaran kali.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah Ida menilai kebijakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono soal terbangkan drone yang awasi warga DKI buang sampah sembarangan sudah tepat.

"Terkait dengan drone yang dipasang oleh Pak Pj Gubernur menurut saya tepat karena apa, karena kalau dikasih CCTV permanen mereka ini suka dibuang atau diambil dan lain sebagainya," kata Ida kepada Liputan6.com, Senin (7/11/2022).

Ida menyebut gebrakan Heru luar biasa karena terbangkan drone untuk mengawasi warga Ibu Kota yang masih suka membuang sampah sembarangan. Dengan adanya drone ini, Ida juga berharap warga tak lagi membuang sampah ke bantaran kali.

"Memang ini gebrakan yang luar biasa. Memang kita ingin berharap bahwa warga ini tidak membuang sampah ke bantaran kali," jelas Ida.

Menurut Ida, dengan diterbangkannya drone tersebut juga menjadi bukti nyata yang dapat diperlihatkan kepada warga Ibu Kota.

"Adanya drone ini, buat bukti warga yang membuang sampah di bantaran kali," ujar dia.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini juga berharap usai perilaku membuang sampah sembarangan dipantau menggunakan drone, oknum pembuang sampah juga dapat ditindak sesuai aturan.

"Harapan saya kepada Pak Pj sesudah dipasang drone, apabila diketahui ada warga yang membuang sampah untuk ditindak, bukan hanya ditegor saja," kata Ida.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Denda Rp500 Ribu

Adapun drone ini diterbangkan sebagai salah satu bentuk upaya menjalankan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah. Dimana, bagi yang terbukti melanggar akan dikenakan uang paksa paling banyak Rp500 ribu.

"Sesuai dengan Perda yang ada biar ada efek jera bagi warga membuang sampah karena denda Rp500 ribu gitu misalkan," ujar Ida.

Ida meminta agar ke depan Heru Budi dapat menindaklanjuti kebijakan ini dengan sungguh-sungguh. Agar, kata dia masyarakat dapat merasakan efek jera sehingga tak lagi menggulanggi perbuatannya.

"Nah, ini yang perlu ditindaklanjuti bukan hanya memasang drone tapi, ada maafin warga yang buang sampah," kata dia.

3 dari 3 halaman

Heru Budi Hartono Bakal Tambah SPKLU di Gedung Baru hingga Stasiun di Jakarta

Gebrakan lainnya yang ditunjukkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono adalah bakal menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah gedung baru hingga stasiun di Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Heru usai bertemu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa, 24 November 2022. 

"Ada beberapa yang bisa kita segera eksekusi, seperti di Manggarai dan Tanah Abang bakal ada penambahan SPKLU," kata Heru.

Heru mengungkapkan pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan pihak swasta untuk membahas perizinannya.

Pembahasan terbaru, kata Heru memutuskan setiap gedung baru di Jakarta juga terbangun SPKLU.

"Ke depannya, mungkin pemerintah daerah ataupun nanti bersama dengan swasta di dalam perizinannya akan ada diskusi. Terbaru, pembahasannya adalah di setiap gedung disiapkan ada tempat SPKLU," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.