Sukses

Soal Koalisi NasDem-PKS-Demokrat, Surya Paloh: Sedang Menyesuaikan Frekuensi

Liputan6.com, Jakarta - Ketum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan bahwa Koalisi dengan PKS dan Demokrat tengah menyesuaikan frekuensi sebelum dideklarasikan. Dia mengatakan, bahwa saat ini komunikasi tiga partai tersebut semakin kokoh.

"Koalisi memang sedang menyesuaikan frekuensi, apa yang barangkali bisa disesuaikan satu sama lain, tapi yang jelas hubungan yang baik selama ini sudah terjalin semakin memperkokoh semangat," kata Surya Paloh, di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Dia pun menyampaikan, kendala yang terjadi saat ini hanyalah sebatas kecocokan waktu untuk deklarasi koalisi dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan dampingi Anies Baswedan. Sebab, hal tersebut terus dimatangkan agar menemukan titik temu yang baik.

"Waktunya kapan untuk deklarasinya, hari cari baik, bulan baik," ungkapnya.

Dia pun menegaskan, perihal penentuan sosok yang akan dampingi Anies pada pilpres 2024 nanti, masih terus dicari dan dimatangkan. Diketahui, nama yang digadang-gadang akan dampingi Anies yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Sedang kita nominasikan, kita cari, kita utak-atik, kita lihat lagi, kita lihat tanda-tanda, bahasa dari berbagai aspek, yang memungkinkan hingga pasangan pak Aniesnya seperti yang diharapkan beliau sebagai capres," ujar Surya Paloh.

Surya Paloh pun tak menampik jika pasangan Anies-AHY menjadi konfigurasi untuk mencapai kemenangan pada pilpres 2024.

"Bisa saja (konfigurasi kemenangan), tapi itulah yang barangkali harus dimatangkan," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

AHY Nyatakan Siap Jadi Cawapres

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan diri siap menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Bahkan, AHY disebut-sebut akan dipasangkan dengan Anies Baswedan.

AHY mengatakan, keputusan untuk dipasangkan dengan Anies Baswedan masih terus digodok dan dimatangkan oleh mitra koalisi yakni Partai Demokrat, NasDem, dan PKS.

"Ya kami pribadi terus mempersiapkan diri, apapun tugas yang harus kami jalankan pada saatnya, apapun itu, di manapun itu harus siap," kata AHY usai bertemu dengan Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

AHY mengatakan, saat ini dirinya tengah fokus mempersiapkan diri, sembari menyatukan pandangan dan pikirian agar koalisi tetap solid.

"Ya kalau saya hanya ingin berprasangka baik, berprasangka baik terhadap apa yang terus kita ikhtiarkan, sambil terus mempersiapkan diri dan semua itu kan takdir," ucapnya.

"Kita hanya bisa mempersiapkan diri dan menjemput takdir kita seperti apa, yang jelas kita sepakat di sini untuk Indonesia lebih baik, lebih sejahtera masyarakatnya, kita harus kompak dulu, harus solid. Dari situ lah kita bisa menghadirkan solusi-solusi yang penting untuk negata kita," sambung AHY.

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS