Sukses

LKBN ANTARA Siap Bangun Kompleks Jurnalistik Modern di Jakarta

Perum LKBN ANTARA siap membangun sebuah kompleks jurnalistik modern di kawasan bersejarah Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta Perum LKBN ANTARA siap membangun sebuah kompleks jurnalistik modern di kawasan bersejarah Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Tujuannya, agar dapat menjadi wajah jurnalisme perjuangan dan wadah komunitas dalam mewarnai perkembangan dunia jurnalistik Indonesia.

"Ground breaking akan dilakukan pada 13 Desember 2022, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-85 Kantor Berita ANTARA," kata Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat, di Jakarta, seperti dikutip Minggu (16/10/2022).

Meidyatama menjelaskan, pembangunan kompleks tersebut dilakukan sebagai implementasi perpindahan kantor pusat Perum LKBN ANTARA dari Wisma ANTARA ke Kompleks Pasar Baru.

Diketahui, Perum LKBN ANTARA didirikan pada 13 Desember 1937 oleh empat sekawan yaitu Adam Malik, AM Sipahoetar, Soemanang, dan Pandoe Kartawigoena, sebagai sarana menyuarakan perlawanan dan perjuangan melawan penjajah.

Pemikiran modern dan visioner dari empat sekawan itu saat mendirikan ANTARA menjadi inspirasi dari desain kompleks jurnalistik modern tersebut,” jelas dia.

Meidyatama menambahkan, proyek Kompleks Jurnalistik modern merupakan akan merevitalisasi gedung bersejarah dari Perum LKBN ANTARA yang terletak di Jalan Antara, Pasar Baru.

Sebagai informasi, pada 77 tahun lalu berita “Indonesia Merdeka” diselinapkan untuk disiarkan markonis ke seluruh penjuru oleh wartawan ANTARA di gedung tersebut.

"Perum LKBN ANTARA ‘kundur’ dengan membangun ikon baru yang mencerminkan transformasi sebuah kantor berita abad 21," kata Meidyatama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikon Baru

Meidyatama menilai, ikon baru itu juga diharapkan menegaskan marwah pengabdian untuk Indonesia yang sudah ditunjukkan ANTARA bahkan sejak sebelum berdirinya Republik.

“Perjalanan panjang ANTARA selama 85 tahun mengabadikan setiap peristiwa yang mendewasakan Republik akan memperoleh tempat terhormat dalam detail desain kompleks jurnalistik modern itu yang akan merujuk pada fungsi yang ramah publik dan ramah lingkungan,” lanjut Meidyatama.

Nantinya, Kompleks Jurnalistik Modern ini akan menjadi ikon baru di Jantung Ibu Kota dan akan menjadi representasi sebuah upaya pelestarian sejarah, baik secara fisik maupun filosofis dalam arsitektur kontemporer yang menggarisbawahi transisi bangunan bersejarah menuju kontemporer.

“Mengingat lokasinya, bangunan terletak di salah satu kawasan dengan banyak simbol sejarah atau budaya Jakarta, seperti Masjid Istiqlal, Katedral Jakarta, Gedung Kesenian Jakarta dan Kompleks Pos Bloc. Kami bercita-cita bahwa kompleks jurnalistik moderen di Jalan Antara ini menjadi ikon jurnalisme dan pemicu revitalisasi kawasan historis Pasar Baru,” Meidyatama menandasi.

 

3 dari 3 halaman

Bentuk Bagunan Ada Dua Bagian

Kompleks jurnalistik modern ini nantinya akan terdiri dari dua bagian yaitu gedung bekas Aneta yang sudah tidak difungsikan selama 30an tahun terakhir dan gedung Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) yang selama ini difungsikan sebagai tempat untuk mewadahi pameran atau apresiasi seni dari komunitas foto-jurnalistik dan lainnya.

Bekas gedung Aneta akan direvitalisasi sebagai sebuah ruang redaksi konvergensi yang tidak hanya menjadi tempat diabadikan dan didesiminasikannya perjalanan bangsa ke publik namun juga sebuah laboratorium pembelajaran bagi seluruh entitas yang peduli dengan perkembangan jurnalisme Indonesia.

Sementara itu gedung GFJA diproyeksikan untuk tidak hanya menjadi museum dan galeri untuk menampilkan hasil karya jurnalistik dan seni namun juga mewadahi diskusi dan dialog komunitas, baik tentang jurnalisme dan segala tantangannya di masa depan ataupun sarana menjembatani lahirnya gagasan atau pemikiran yang akan membawa perbaikan bagi negeri.

Sebelumnya, selain menempati gedung GFJA di Kawasan Pasar Baru, sebagian besar operasional Perum LKBN ANTARA berada di Wisma Antara yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.