Sukses

Jokowi: Ekonomi Kreatif Solusi Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut bahwa ekonomi kreatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tak hanya itu, kata dia, ekonomi kreatif juga menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi.

"Ekonomi kreatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan karena mampu mendobrak batas geografis, gender, ras dan strata ekonomi," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan di Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif Dunia Tahun 2022 di Bali, Kamis (6/10/2022).

"Ekonomi kreatif bisa menjadi pilar utama untuk mendobrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi untuk semuanya," sambungnya.

Dia mengatakan, ekonomi kreatif tetap mampu lalu lalang saat pandemi Covid-19 dimana pergerakan masyarakat dibatasi. Jokowi menyampaikan ekonomi kreatif juga relatif mampu bertahan dan tumbuh signifikan dibandingkan sektor lainnya.

"Sektor ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya dan beberapa subsektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembang permainan, televisi dan radio, bahkan tumbuh signifikan," jelasnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Tulang Punggung

Menurut dia, keberhasilan ekonomi kreatif ini karena dipicu oleh konsumsi konten yang meningkat signifikan selama pandemi Covid-19. Jokowi meyakini konomi kreatif di Indonesia dan negara lainnya akan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan.

Dia juga optimistis ekonomi kreatif kedepan makin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif. Oleh sebab itu, Jokowi mengingatkan pengembangan ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor yang futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar dan maju.

3 dari 3 halaman

Peran Terdepan

"Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi