Sukses

Kominfo Gelar Webinar, Beri Tips Cara Optimalkan SEO

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema “Konsep Bisnis Digital: Search Engine Optimization”, Sabtu (24/9/2022).

Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang, menghadirkan narasumber Mira Sahid, Wakil Ketua, Umum Siberkreasi; Firna, Ketua Sobat Cyber Indonesia; Julita Hazelina, Komite Edukasi Mafindo & Praktisi Literasi Digital, sebagai narasumber.

Dalam webinar tersebut, Mira Sahid membahas mengenai konsep search engine optimization ditinjau dari perspektif cakap digital. Ia mengatakan, Search Engine Optimization adalah suatu metode yang digunakan agar website dapat muncul di mesin pencarian secara organik, agar dapat melakukan SEO dengan baik terdapat 4 (empat) tips yang dapat dilakukan.

"Pertama, buat kata kunci yang relevan dengan bisnis atau usaha Anda. Kedua, buat kata kunci yang spesifik. Ketiga, gunakan kampanye yang terstruktur. Terakhir, gunakan google keyword planner untuk membantu Anda," papar Mira Sahid.

Firna memperkaya pembahasan mengenai konsep search engine optimization ditinjau dari perspektif etis digital. Menurut dia, etika dasar dalam melakukan SEO. Pertama, hindari membuat berita atau informasi hoax.

"Kedua, jangan membuat konten yang melanggar UU ITE. Ketiga, tidak boleh melakukan plagiasi," ujar Firna.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Perspektif Pilar Aman Digital

Julita Hazelina melengkapi pembahasan mengenai konsep search engine optimization ditinjau dari perspektif pilar aman digital. Ia menjelaskan 3 tips aman dan nyaman bermedia digital dalam SEO.

"Pertama, patikan website menggunakan sertifikat SSL (https). Kedua, selalu gunakan password yang kuat dan aktifkan 2FA. Terakhir, selalu tambahkan web security tambahan pada perangkat Anda,” papar Julita Hazelina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.