Sukses

PSI: Kandidat Capres Paling Tinggi Sementara Ganjar Pranowo

Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menyatakan sembilan kandiidat capres yang diusung PSI tegah digodok dalam Rembuk Rakyat.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menyatakan sembilan kandiidat capres yang diusung PSI tegah digodok dalam Rembuk Rakyat. Adapun sembilan kandidat capres yakni Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, Sri Mulyani Indrawati.

"Namanya rembuk rakyat, jadi kita punya 9 kandidat orang-orang terbaik di bangsa ini. Nah kita Lagi minta masukan lagi kepada rakyat mau milih yang mana, tapi rasanya karena kami ini partai yang didirikan terinspirasi oleh Jokowi maka capresnya Pak Jokowi akan menjadi capres PSI di 2024," kata Juli di Gedung KPU, Rabu (10/8/2022).

Juli menyebut rembuk rakyat baru akan selesai pada November 2022. Artinya, PSIbaru akan mengumumkan capres pilhannya pada akhir tahun nanti. "Votingnya sampe november. Belum pasti tanggalnya. Yang pasti sebelum tutup bulan November insya allah nanti hasilnya diumumkan," kata dia.

Saat ini, Juli menyebut nama teratas kandidat capres PSI adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "Siapa yang paling tinggi. Sementara ini hasilnya Ganjar," ucapnya.

Meski memasrahkan capres di tangan Jokowi, Juli mengklaim PSI bukan tidak memiliki sikap melainkan memang memiliki pandangan politik yang sama dengan Jokowi. "Pasti punya sikap sendiri makanya kita punya proses tadi kan, kita punya rembuk rakyat, tapi rasanya karena secara ideologi perspektif cara pandang politik kita sama dengan Pak Jokowi, sepertinya dan insya Allah capresnya PSI pasti capresnya pak Jokowi atau capresnya Jokowi capresnya PSI," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikuti Pilihan Jokowi

Sebelumnya, Juli menegaskan bahwa calon presiden yang akan pihaknya dukung di Pilpres 2024 adalah calon sama yang akan dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Untuk capres apa yang kami pilih akan sama dengan yang dipilih Pak Jokowi,” kata Juli di Gedung KPU, Rabu (10/8/2022).

Juli mengkalim siapapun capres pilihan Jokowi maka calon itu akan otomatis capresnya Jokowi. “Jad capres pak Jokowi, capresnya PSI,” kata dia.

Saat ini, lanjut Juli, PSI telah memiliki sembilan kandidat capres yakni Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, Sri Mulyani Indrawati.

“Saya kira prediksinya Pak Jokowi pilih salah satunya,” pungkasnya.

Sementara itu, Juli mengaku ada tanda-tanda alam pihaknya mendaftar di hari yang sama dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Apa tanda-tanda alam ini bareng KIB? kita belum putuskan (koalisi), tapi sepertinya ada tanda alam,” kata Juli

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.