Sukses

Kinerja Menko Airlangga Hartarto dapat Pujian dari DPR

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2022 tumbuh 5,44 persen secara tahunan. Hal ini pun direspons baik oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin memandang torehan tersebut sebuah prestasi yang menggembirakan. Karena hal ini membutikan perekonomian Indonesia terus bertumbuh dibandingkan negara lainnya di tengah ketidakpastian global

“Ini sungguh prestasi yang menggembirakan. Karena pertumbuhan ekonomi kita terus menguat dibandingkan negara lain dan tetap menunjukkan resiliensi di tengah ketidakpastian global, baik yang dipicu akibat ketegangan geopolitik, tren kenaikan inflasi, hingga ancaman kelangkaan pangan dan energi,” kata Puteri kepada wartawan, Jumat (5/8/2022).

Puteri mengatakan, tumbuhnya ekonomi Indonesia yang mencapai angka 5,44 persen, karena tak lepas dari buah kinerja Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dimana kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya agar ekonomi bisa berputar.

“Termasuk konsistensi dalam menjaga daya beli masyarakat pada kelompok 40 persen terbawah dengan menggenjot penyaluran Program PEN, yang juga dinahkodai beliau, baik atas program perlindungan sosial maupun subsidi,” tutur Puteri.

Puteri menuturkan, kebijakan dari Menko Airlangga yang tak kalah pentingnya adalah komitmen beliau dalam memberikan dukungan pembiayaan UMKM melalui skema KUR dan pelatihan pekerja lewat Kartu Prakerja.

Belum lagi, sambung Puteri, keseriusan dalam mendorong keberjalanan proyek Strategis Nasional, khususnya atas proyek infrastruktur yang dapat memberikan efek pengganda bagi pembangunan wilayah dan nasional.

“Hasilnya, tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang tertopang, tetapi juga mampu mengurangi tingkat kemiskinan secara nasional,” tandas Puteri.

2 dari 2 halaman

Tumbuh 5,44 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2022 tumbuh sebesar 5,44 persen secara tahunan (year on year/yoy). Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, bila melihat pertumbuhan secara tahunan, realisasi itu menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia trennya terus membaik karena mengalami pertumbuhan positif sejak kuartal III-2021, yang pada saat itu tercatat tumbuh 3,51 persen (yoy).

"Secara yoy kuartal II-2022 tumbuh 5,44 persen, bisa dilihat tren pertumbuhan ekonomi ini meningkat secara persistent. Polanya mulai dari kuartal III-2021 terus mengalami pertumbuhan yang terus berlanjut hingga kuartal II-2022, bahkan angkanya semakin meningkat," ujarnya dalam konferensi, Jumat (5/8/2022).