Sukses

Puan Kepada Kader PDIP Cilacap: Harus Solid, Jangan Tergoda Partai Lain

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani meminta kader solid agar tak ada pihak yang bisa memecah belah. Puan tak ingin kadernya tergoda untuk ditawari maju jadi caleg partai lain dan berujung keluar dari PDIP.

"Harusnya tidak ada lagi orang yang bisa memecah belah kita sebagai keluarga, di iming-iming kalau nanti enggak sama kita kalau kamu gak dapat rekomendasi (caleg) pindah aja ke kita," ujar Puan di DPC PDIP Cilacap, Jawa Tengah, Rabu 6 Juli 2022.

Kemudian, kader tersebut justru dibisiki untuk melawan PDIP. Kata dia, hal ini membuat partai banteng pecah.

"kalau kamu enggak masuk jadi caleg (PDIP) nanti nyaleg aja di tempat kita, lawan aja tuh caleg caleg, temen temen kamu di PDI Perjuangan, itu yang bikin pecah belah," tegas Ketua DPR ini.

Harusnya, kata Puan, kader yang ingin maju caleg punya ukuran kepantasan diri. Mungkin persiapanya untuk jadi wakil rakyat belum maksimal.

"Padahal harusnya kita bisa ngukur baju, ukuran kita tuh apa sih, kenapa ya saya kok nyaleg nyaleg terus gak bisa jadi jadi mungkin kurang kerja, mungkin kurang turun ke bawah, mungkin kurang modal, mungkin memang gak disenangi rakyat," pungkas Puan.

Di samping itu, Puan juga meminta para kader tidak lengah untuk menghadapi pemilu 2024. Meski hasil simulasi survei pemilu menyatakan PDIP menang, namun tetap tidak boleh disepelekan.

"Jadi enggak ada waktu lagi untuk kita itu senang senang, enggak ada waktu lagi bagi kita itu berleha-leha, walaupun kemudian alhamdulillah semua survei mengatakan Insyallah PDI Perjuangan sampai hari ini bisa menang 3 kali hattrick menang tahun 2024, namun kita jangan lengah," jelas dia.

2 dari 2 halaman

Ditugaskan Megawati

Sebelumnya Puan Maharani menjelaskan bahwa dirinya disuruh oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk berkeliling mengunjungi wilayah di Indonesia.

Hal ini dikatakan Puan usai saat mengunjungi DPC PDIP Cirebon Jawa Barat, Senin 4 Juli 2022. Dia mengaku belakangan sering mendapatkan pertanyaaan mengapa sangat aktif untuk keliling ke wilayah Indonesia.

"Selama ini saya muter-muter, Jawa Tengah, Jawa Timur, ini mulai masuk Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, sampai ke Papua, dan lain sebagainya. Ada yang nanya mbak Puan mau ngapain si muter-muter?,” tutur Puan dalam keterangannya, Senin 4 Juli 2022.

Puan menyebut safari politiknya kapasitasnya sebagai Ketua DPR dan Ketua DPP PDIP.

“Pertama sebagai Ketua DPP partai, sebagai Ketua DPR saya ditugaskan, inget ya ditugaskan Ibu Ketua Umum (Megawati) untuk muter-muter, untuk ketemu sama keluarga besar PDI Perjuangan,” sambung Puan.