Sukses

Survei CiGMark: Ridwan Kamil Masih Tinggi Jadi Alternatif untuk Pilpres 2024

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil masih berpeluang dan tinggi menjadi alternatif di Pilpres 2024 baik menjadi calon presiden atau calon wakil presiden.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil masih berpeluang dan tinggi menjadi alternatif di Pilpres 2024 baik menjadi calon presiden atau calon wakil presiden.

Hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan CIGMark yang dilakukan pada 9-17 Juni 2022 di seluruh Indonesia. Adapun survei ini melibatkan 1.200 responden dengan usia 15 tahun ke atas pada 14 Februari 2022. Metode yang digunakan ialah multistage random sampling.

Founder CiGMark Setia Darma menuturkan, dari 18 nama, Ridwan Kamil berada pada urutan keempat dengan popularitas mencapai 80,1 persen. Jelas mengalahkan nama seperti Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan Yudhoyono (AHY).

"Dalam hal ini, RK (Ridwan Kamil) hanya kalah dari Prabowo Subianto (95,8 persen), Anies Baswedan (83,7 persen), dan Sandiaga Salahuddin Uno (83,2 persen)," kata dia, Selasa 5 Juli 2022.

Selain itu, untuk posisi top of mind calon presiden, namanya juga muncul di posisi ke lima dengan 4 persen. Di bawahnya ada nama Joko Widodo (4,7 persen), Anies Baswedan (9,5 persen), Prabowo Subianto (11,7 persen), dan Ganjar Pranowo (14,1 persen).

"Top of mind tokoh untuk menjadi presiden, apabila pemilihan dilakukan pada saat ini muncul lima nama," jelas Setia.

Dia pun menuturkan, Ridwan Kamil juga masuk empat besar ketika CiGMark melakukan survei berkenaan dengan strong supporter. "Dari 18 nama tokoh yang ada, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil yang terlihat memiliki basis strong supporter," kata Setia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Konsistensi

Peneliti Senior Centre of Strategic and International Studies (CSIS) Philips J Vermonte melihat konsistensi dukungan terhadap Ridwan Kamil dalam survei CiGMark.

"Saya kira kecenderungan dukungan yang konsisten kepada Pak Ridwan Kamil ini menarik," kata dia.

Menurutnya, masuknya nama Ridwan Kamil ke jajaran top of mind calon presiden dan calon wakil presiden membuat kontestasi ke depan bisa semakin baik untuk semua pihak karena banyak pilihan.

Selain itu, Dia pun menekankan bahwa, hal itu menegaskan adanya dukungan yang besar dari masyarakat.

"Ada konsistensi kenaikan dukungan kepada Ridwan Kamil satu sampai dua persen. Saya kira itu tinggi juga," jelas Philips.

 

3 dari 3 halaman

Organik

Tak hanya itu, Philips juga melihat suara untuk Ridwan Kamil ini adalah organik.

Pasalnya, dia bukan orang partai sehingga tak ada mesin parpol yang dilibatkan untuk mendongkrak suaranya.

"Tidak ada mesin partai yang menaikan elektabilitas dia (Ridwan Kamil) ini organik," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.