Sukses

Jokowi Salurkan 34 Ekor Sapi ke Seluruh Provinsi untuk Idul Adha, Beratnya 800 Kg Sampai 1 Ton

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan 34 ekor sapi sebagai hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Adapun 34 sapi itu disumbangkan ke masing-masing provinsi yang ada di Indonesia.

"Sebagaimana secara rutin dilaksanakan setiap tahun, menjelang Hari Raya Idul Adha 1443H kali ini Presiden akan memberikan bantuan sapi ke seluruh Provinsi," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Menurut dia, satu sapi yang disumbangkan Jokowi memiliki berat 800 kilogram hingga 1 ton. Heru menyampaikan masjid uang menerima sapi dari Jokowi ditetapkan oleh gubernur masing-masing daerah.

"Beratnya rata-rata 800 kg sampai 1 ton yang (penyaluran) dikoordinasikan oleh Sekretariat Presiden," jelasnya.

"Adapun Mesjid yang akan menerima sapi bantuan Bapak Presiden dimaksud, ditetapkan oleh Gubernur masing-masing Provinsi," sambung Heru.

Dia menyampaikan pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk memastikan sapi-sapi yang disalurkan tersebut dalam keadaan sehat. Khususnya, terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Sekretariat Presiden bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dhi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk memastikan bahwa semua sapi dalam keadaan sehat, khususnya dari PMK," tutur Heru.

 

2 dari 2 halaman

Tradisi

Sebagai informasi, penyaluran hewan kurban ini memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan Jokowi setiap menyambut Hari Raya Idul Adha. Pada Idul Adha 2021 lalu, Jokowi menyumbang 34 ekor sapi ke semua provinsi dan 1 ekor diserahkan ke Masjid Istiqlal Jakarta.

Seperti diketahui, pemerintah telah resmi menetapkan 1 Dzulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Jumat 1 Juli 2022. Dengan begitu, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu 10 Juli 2022 setelah diputuskan melalui sidang isbat, Rabu 29 Juni 2022.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.
    Idul Adha