Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Dapat Undangan Haji dari Raja Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi. Jubir Wapres Masduki Baidlowi menyatakan, Ma'ruf akan bertolak ke Arab Saudi pada Selasa, (4/7/2022) besok.

“Berangkat besok jam 9, tiba di Madinah kira-kira pukul 02.30 waktu setempat,” kata Masduki pada Liputan6.com, Senin (4/7/2022).

Masduki mengatakan, Ma'ruf Amin berangkat atas undangan khusus dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saudi yang disampaikan oleh Kedubes Arab Saudi.

“Atas undangan Raja Arab Saudi, jadi berangkat sebagai tamu kerajaan,” kata dia.

Ma’ruf Amin berangkat bersama Ibu Wury dan juga tim melekat. Rencananya wapres akan kembali dan tiba ke Indonesia pada 13 Juli 2022. “Dengan tim melekat, tanggal 13 sampai Indonesia,” kata dia.

Selain itu, Masduki memastikan keberangkatan Ma’ruf tidak akan mempengaruhi kuota haji di Indonesia. Sebab, Ma’ruf adalah undangan khusus Raja.

“Enggak ada hubungan dengan kuota haji yang ada di Indonesia, kuota nasional tidak terganggu,” pungkas dia.

2 dari 2 halaman

240 Kloter Jemaah Calon Haji Indonesia Sudah Tiba di Makkah

Dua kloter terakhir jemaah calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi pada Minggu (3/7/2022). Dengan demikian, sudah ada 240 kloter yang sudah tiba di Kota Makkah.

"Alhamdulillah, kita bersyukur kehadirat Allah, 240 kloter sudah tiba di Kota Makkah, dengan ini seluruh kloter sudah tiba dengan jumlah jemaah 92.668 jemaah dan petugas," ujar Kepala Daker Kerja Makkah Mukhammad Khanif di Makkah, Minggu.

Dua kloter dari Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS) dan Embarkasi Solo (SOC) menjadi kloter yang terakhir tiba di Kota Makkah pada Minggu 3 Juli. Jemaah dari SOC tiba di Hotel Kiswah 401 dan 402, Jarwal, Makkah sekitar pukul 15.30 WIB. Kedatangan jemaah SOC 43 ini menandai berakhirnya kedatangan jemaah reguler.

"Ke depan kita akan terus berikan pelayanan terkait akomodasi, konsumsi, dan transportasi jemaah haji. Untuk nanti perjalanan puncak ke Arafah kita berharap jemaah haji dapat menyiapkan diri untuk menjaga kebugaran tubuh untuk laksanakan puncak haji," kata dia.

Khanif mengatakan, bagi jemaah yang baru tiba di Makkah akan melaksanakan umrah wajib yang nanti akan difasilitasai transportasi bus shalawat. Operasional bus shalawat terakhir pada besok.

"Jadi besok terakhir layanan bus salawat, kemudian kita akan menunggu perjalanan atau pemberangkatan ke Arafah. Dalam masa menunggu ini kita berharap para jemaah haji menyiapkan diri untuk menjaga kesehatan badan, untuk laksanakan puncak ibadah haji," kata dia.